Umi. Sepandai Apapun Lekaki, Susah untuk Memahami Perasaan Wanita

Komentar


Tugas suami untuk bertanggung jawab pada nafkah isteri dan anak-anaknya. Bekerja dari pagi sampai sore bahkan ada yang sampai malam mencari rezeki halal untuk menghidupi keluarga yang menjadi tanggung jawabnya. Bersimpah peluh, berkotor-kotor di bengkel, duduk seharian di kantor memandangi komputer, berjalan mendorong gerobak keliling menjajakan barang dagangan dilakoni suami demi mencari sesuap nasi dan segenggam kebahagiaan untuk keluarganya.

Apa yang harus dilakukan seorang isteri menyikapi hal ini?

Saat ditinggalkan suaminya mencari rezeki, isteri harus bisa menjaga kehormatannya dan harta suaminya, mengurus rumah tangga dan mendidik anak serta mendoakan suaminya agar dipermudah mencari rezeki halal.

Satu hal lagi yang bisa dilakukan isteri adalah memberi motivasi dan dukungan bagi suami agar senantiasa memiliki semangat mencari rezeki.

Apa yang dirasakan seorang isteri jangan disimpan di dalam hati. Sebaiknya diucapkan, karena sepintar apapun seorang lelaki kadang susah memahami perasaan wanita. Cara pandang dan cara berpikirnya beda. Apalagi jika kata-kata tersebut bisa memotivasi suami lebih giat mencari rezeki.

Apa saja yang harus dikatakan seorang isteri untuk suaminya?

# Ucapan terima kasih
"Terima kasih karena telah bekerja keras untuk kami, aku dan anak-anak. Ketahuilah bahwa kami sangat menghargainya." 

Ucapan menyejukkan ini dikatakan oleh isteri, baik sebelum suami berangkat kerja maupun saat kelelahan pulang kerja. Hal ini akan membuat suami merasa jerih payahnya mencari rezeki dihargai oleh isterinya. Jangan pelit mengucapkan terima kasih.

# Jangan pelit memuji
"Abang/ kakak/ Mas/ abah/ ayah/ abi (sebut panggilannya) adalah suami yang baik. Aku sangat bersyukur bersuamikan (panggilannya). yang rela melakukan apa saja untuk aku /kami. Betapa beruntungnya aku dipertemukan dengan pasangan sepertimu"

Tidak ada orang yang tidak suka pujian. Suami pun demikian, hatinya akan berbunga-bunga mendengar pujian isterinya. Hal itu akan memberinya motivasi untuk bekerja lebih baik lagi, mencari rezeki yang lebih banyak lagi karena tahu bahwa jerih payahnya tidak sia-sia.

# Ucapkan penghargaan yang tulus atas usahanya
"Aku sangat menghargai usaha abah untuk kami. Aku tahu bahwa itu kewajiban abah sebagai kepala rumah tangga tapi, abah perlu tahu bahwa aku selalu mendukung abah dari jauh. Aku takkan bisa terus bersama abah tapi aku telah menyerahkan semuanya pada Allah melalui doa-doa yang kupanjatkan siang dan malam. Aku yakin Allah akan selalu menjaga dan memudahkan urusan abah."

Suami perlu tahu bahwa selain isterinya mendukung semua usahanya baik melalui doa maupun tindakan nyata. Rumah tangga adalah kebersamaan. Seorang suami akan lebih tenang dan lebih semangat mencari rezeki jika tahu bahwa isterinya mendukung dan menghargai usahanya. Suami yang tahu bahwa dirinya menjadi bagian dari doa-doa isterinya akan lebih yakin dan percaya diri.

ARTIKEL PILIHAN



# Berikan keyakinan pada keraguannya
"Aku sangat menghormati abah. Aku tahu bahwa abah melakukan hal yang benar, teruslah seperti itu. Aku tahu abah bisa melakukannya, kalaupun tidak berhasil mungkin karena belum maksimal, coba lagi. Kalaupun gagal mungkin bukan jalannya. Bukan abah yang gagal tapi situasi yang sedang tidak berpihak pada abah. Cari peluang yang lain! Bumi Allah luas dan rezekinya ada di mana-mana."

Kala suami berada di persimpangan dan harus memutuskan apa yang benar, peranan isteri adalah meyakinkannya dalam menempuh jalan yang benar. Meskipun jalan yang salah itu memberi hasil yang lebih besar, kewajiban isteri untuk mengingatkan bahwa rezeki itu bukan jumlahnya yang perlu tapi berkahnya. Buat apa banyak tapi tidak manfaat? Jangan biarkan suami terjerumus melakukan kemaksiatan yang bisa dihindarinya. Suami akan mempertimbangkan kata-kata isterinya yang dikatakan dengan lembut dan penuh cinta.

# Katakan cinta dengan tulus.
" Aku cinta sama abah sama seperti abah cinta sama aku. Aku bahagia banget bisa hidup dan menjalani hari-hari bersama abah." 

Kata sayang adalah senjata ampuh yang bisa jadi bahan bakar bagi suami dalam memulai hari-harinya. Merasa dicintai dan diperhatikan itu membuat hatinya bersemangat menjalani hidup. Apalagi jika kata cinta itu ditunjukkan dengan tulus (bukan karena ada maunya...)

# Siapkan semua keperluannya dan lepas dengan senyuman
" Ini pakaian abah, bekal dan tas kerja, semuanya sudah siap. Selamat bekerja, semoga Allah meridhai setiap langkah abah." (cium tangannya atau berikan kecupan mesra di pipinya).

Kecupan mesra dari isteri tercinta adalah pendorong yang sangat besar bagi seorang suami sebelum berangkat kerja, menunaikan kewajibannya. Suami akan berusaha sekuat tenaga untuk mencari rezeki yang banyak agar bisa membahagiakan isterinya.

Mulailah berkata yang baik-baik pada suami hari ini. Kata-kata yang memotivasinya menjalani hidup dan mencari rezeki untuk keluarga. Wallahu alam.

Top