Uang Bikin Bahagia? Ternyata Hidup Lebih Indah Hanya dengan Ini!

Penulis Unknown | Ditayangkan 28 Feb 2017

Uang Bikin Bahagia? Ternyata Hidup Lebih Indah Hanya dengan Ini!

Apa arti bahagia menurut Anda? Apakah cukup dengan uang? Rumah bak istana? Ataukah hanya sekedar berkumpul dengan keluarga? Jelasnya bahagia bisa didefinisikan banyak hal. Akan tetapi, Kebanyakan orang berpikir bahwa uang merupakan sumber kebahagiaan. Pemikiran itu tidak salah tetapi juga tidak benar seutuhnya.

Baca juga : Berdamai dengan Hati dan Tubuh Sendiri? Maafkanlah!

Sebab, berdasarkan penelitian, uang tidak melulu membuat seseorang merasa lebih bahagia secara permanen. Sebaliknya, hal-hal yang tidak bersifat materi justru bisa mendatangkan kebahagiaan lebih lama dari seseorang. Inilah beberapa hal tersebut yang bisa membuat kebahagiaan jauh lebih sederhana dan indah.

1. Tidur cukup


Periset dari Princeton, Daniel Kahneman dan Alan B. Krueger menemukan pada studin mereka bahwa kualitas tidur yang baik memberikan dampak signifikan tak hanya pada kepuasan hidup, tetapi juga pada kondisi emosional sehari-hari.

2. Latihan bersyukur


Latihan bersyukur sama dengan latihan bermain alat musik. Anda harus melakukannya setiap hari dan jangan putus asa jika gagal. Menurut Alex Korb, seorang penulis The Upward Spiral: Using Neurscience to Reverse the Course of Depression, One Small Changet at a Time, memikirkan segala rezeki dan keberhasilan Anda selama satu hari bisa meningkatkan level dopamin (hormon antidepresan) pada otak.

Peningkatan dopamin, kata Korb, memperlancar aktivasi rasa bahagia pada diri seseorang sehingga memengaruhi kondisi tubuh dan pikiran menjadi lebih segar serta ringan.

Uang Bikin Bahagia? Ternyata Hidup Lebih Indah Hanya dengan Ini!

Baca juga : Lagu Ini Bisa Buat Bayi di Dunia Bahagia! Tak Percaya?

3. Mengingat pencapaian


Otak manusia lebih mudah mengingat kesalahan orang atau kegagalan pada hidup sendiri. Oleh karena itu, Anda harus mulai melatih diri untuk mengingat dan mensyukur semua pencapaian dalam hidup. Pencapaian tidak melulu berbentuk promosi jabatan dan peningkatan gaji. Namun, menolong orang, berhasil bangun lebih pagi, dan sukses menyelesaikan pekerjaan tepat waktu juga merupakan pencapaian.

Korb mengatakan bahwa mengingat pencapaian atau hal-hal lain yang membuat Anda bahagia membuat tubuh merilis serotonin (hormon bahagia) ke area otak. Jadi bagaimana menurut pendapat Anda? Ternyata untuk menjadi bahagia sangat mudah dan sederhana bukan? Yuk awali hari dengan penuh ketulusan.
SHARE ARTIKEL