Tips Yang Harus Dilakukan Setelah Berbuat Maksiat

Penulis Cang Karna | Ditayangkan 06 Feb 2017
Tips Yang Harus Dilakukan Setelah Berbuat Maksiat

Manusia selalu mempunyai sifat sosial, pasti kita pernah melakukan hal-hal yang yang mendekati maksiat. Jarang juga, manusia yang bisa menghindari perilaku maksiat tersebut.

Hal itu terjadi karena setan telah menggiring diri kita untuk melakukan perilaku dosa tersebut dan iman kita pun tidak kuat untuk melawan godaan setan tersebut. Nah, oleh karena itu memang sangat jarang manusia yang bisa menghindari perilaku maksiat tersebut.

Namun, jika kita sudah melakukan hal-hal yang mendekati maksiat, selalu ada cara-cara  untuk menghapus dosa dan harus dijalani dengan niat tanpa ada rasa keterpaksaan untuk menghapus dosa kita tersebut.

Cara-cara menghapus dosa yang telah kita lakukan, diantaranya:

1. Taubat Nasuha
Jenis taubat yang paling tinggi adalah taubat nasuha yang dianjurkan oleh al-qur’an dan memang digunakan sebagai taubat penghapus dosa besar yang telah dilakukan oleh seseorang tersebut. Cara untuk menjalani taubat nasuha juga tidak berat, melainkan harus dilakukan dengan setulus hati dan juga harus dilakukan ikhlas karena Allah, dan pastinya tidak ada paksaan dari manapun dan siapapun.

2. Memperdalam Ilmu Agama
Dengan memperdalam ilmu agama, maka kita bisa dipastikan akan dituntun ke jalan allah dan tidak lagi melakukan hal-hal yang merupakan sumber dosa besar tersebut termasuk berbuat maksiat. Hal itu dikarenakan memang allah sangat menyukai makhluk yang berusaha menyerahkan diri kepadanya dan juga sangat menyenangi makhluk yang berusaha untuk menuruti apa perintahnya dan menjauhi segala larangannya. Dengan melakukan hal ini, Insha Allah dosa besar yang anda lakukan sebelumnya akan segera diampuni oleh yang maha pengampun kita yaitu Allah SWT.

3. Menjauhi Pengaruh Buruk Lingkungan
Pengaruh-pengaruh di sekitar tempat kita mungkin menjadi salah satu penyebab yang menggiring kita untuk melakukan perbuatan maksiat yang telah kita lakukan sebelumnya. Untuk itu, agar kita tidak kembali terjebak dengan perbuatan-perbuatan tersebut, sebaiknya kita berlahan-lahan menjauhi pengaruh-pengaruh yang terdapat pada lingkungan kita.

4. Berteman dengan orang-orang yang sholeh
Dengan berteman dengan orang-orang yang “mengerti agama” ataupun dalam artian orang-orang yang sholeh dan sholehah Insya Allah bisa menuntun kita ke jalan Allah yaitu ke jalan yang benar dan tidak akan kembali jatuh ke hal-hal yang mendekati maksiat. Dengan berteman dengan orang-orang yang beriman, maka Insha Allah kita juga bisa jadi orang-orang yang taat dengan utusan Allah.

5. Menjalankan seluruh perintah allah dan menjauhi larangannya
Beriman kepada Allah merupakan hal yang bisa menghapus dosa besar kita. Selain itu dengan terbiasa menjalankan seluruh perintah dan menjauhi larangannya juga bisa mencerminkan bahwa kita merupakan makhluk Allah yang taat dan hal yang anda lakukan sebelumnya berarti khilaf.

Itulah hal-hal yang harus dilakukan setelah berbuat maksiat. Dalam menjalani beberapa hal tersebut, hal yang terpenting adalah niat dan keikhlasan anda dalam meminta pengampunan Allah SWT dan juga setelah itu tidak kembali melakukan perbuatan yang sama.

SHARE ARTIKEL