Tips Agar Lebih Produktif di Pagi Hari, Simak Yuk Caranya

Penulis Penulis | Ditayangkan 02 Feb 2017
Tips Agar Lebih Produktif di Pagi Hari, Simak Yuk Caranya

Statistik menunjukkan bahwa orang-orang yang sukses kebanyakan adalah orang yang produktif di pagi hari. Asal tahu saja, saat Anda masih berbaring di tempat tidur, orang-orang sukses sudah melakukan beragam aktivitas di pagi hari.

Mulai dari CEO sebuah perusahaan, atlit, pemain film, hingga pebisnis, semua sudah mulai beraktivitas di pagi hari. Kebiasaan baik ini jelas terbukti mampu membuka pintu gerbang kesuksesan bagi banyak orang.

Simak juga: Tips Membuat Pagi Hari Lebih Menyenangkan

Jadi sebelum Anda membungkam alarm yang membangunkan Anda di pagi hari, simak tips dari rumah.com berikut ini sehingga Anda bisa menjadi seorang morning people.

Malam Hari

1. Siapkan semua keperluan yang dibutuhkan untuk keesokan hari seperti memasang timer pada mesin pembuat kopi, pakaian yang akan dikenakan dan juga bahan-bahan untuk membuat bekal makan siang.

BACA JUGA : Uang Elektronik Pengganti Uang Kertas di Masa Depan

2. Tentukan jam berapa Anda akan bangun dan pastikan selalu terbangun di waktu tersebut (semakin pagi, semakin baik).

3. Matikan semua alat elektronik 90 menit sebelum waktu tidur seperti layar televisi atau telepon genggam karena dapat membuat tidur tidak nyenyak.

Pagi Hari

1. Ketika bangun berikan jeda sekitar 3-5 menit, jangan langsung melompat turun dari tempat tidur. Bangun pagi, lakukan peregangan dan gosok mata terlebih dahulu. Momen ini adalah saat yang penting agar seluruh hari Anda bebas dari rasa stress.

2. Hindari menekan tombol snooze ketika alarm berbunyi karena akan membuat siklus tidur berulang dari awal lagi dan ketika terbangun di tengah-tengahnya Anda akan merasa kurang segar.

3. Buatlah rutinitas yang dilakukan berulang-ulang sehingga setiap pagi bisa melakukan semua kegiatan sesuai dengan target waktu yang disiapkan.

BACA JUGA : 7 Tips Mengubah Kamar agar Tidur Lebih Nyenyak

4. Lakukan hal yang Anda sukai seperti sarapan, bermain dengan anak atau membaca koran. Lebih baik jika memiliki waktu untuk berolahraga terlebih dahulu atau hanya sekedar melakukan peregangan. Studi menyatakan olahraga bisa meningkatkan motivasi.

5. Menyalakan radio atau musik lebih baik dibandingkan televisi karena akan mengganggu rutinitas di pagi hari. Pagi hari juga menjadi saat yang berkualitas untuk berkumpul bersama keluarga dibandingkan malam hari.

Di Tempat Kerja

1. Penelitian menyatakan 15 menit pertama ketika Anda tiba di kantor adalah saat dimana Anda bisa benar-benar fokus. Buat daftar yang harus dilakukan di hari sebelumnya sehingga 15 menit pertama di kantor bisa Anda gunakan dengan efektif tanpa gangguan.

2. Pagi hari merupakan saat yang tepat untuk mengerjakan hal-hal yang membutuhkan energi kreatifitas dari Anda. Ketika Anda mengerjakan sesuatu yang disukai juga dapat meningkatkan performa kerja di kantor.

3. Ketika tiba dikantor, hindari membuka email terlebih dahulu karena akan menghabiskan banyak waktu untuk menjawab semua email tersebut.

Tunda juga untuk menjawab telepon atau chat, jika memang dirasa penting periksa dulu siapa yang menghubungi sebelum Anda menjawabnya.
SHARE ARTIKEL