Tiga Hal Selain Uang Yang Dicatat Sebagai Sedekah


Sedekah merupakan salah satu amal perbuatan yang sangat besar ganjaran pahalanya. Orang yang suka bersedekah akan mendapatkan banyak sekali manfaat dan juga keuntungan. Orang yang suka bersedekah akan mendapatkan nikmat yang lebih besar dari nilai yang disedekahkannya. Hal ini sama dengan salah satu firman Allah SWT yang intinya mengatakan bahwa siapa pun yang bersyukur akan nikmat yang telah Allah berikan, maka niscaya Allah akan menambahnya dengan nikmat yang lebih besar, sedangkan bagi orang yang tidak mau atau pun lupa bersyukur, sesungguhnya azab Allah itu amat lah pedih.

Berbicara mengenai sedekah, mayoritas masyarakat yang ada pada saat ini masih berpikir jika aktifitas sedekah hanya bisa dilakukan oleh orang-orang kaya yang telah berkecukupan saja. Hal ini dikarenakan mayoritas mayarakat masih berpikir jika sedekah hanya bisa dilakukan dengan menggunakan uang atau pun harta kekeyaan belaka. Padahal, jika diteliti lebih dalam, ada banyak hal selain uang yang dapat kita berikan atau pun lakukan yang juga dihitung sebagai amal sedekah.

Beberapa Bentuk Sedekah Selain Uang

1. Menjadi Penengah
Bentuk sedekah selain uang yang pertama adalah menjadi penengah orang yang tengah berselisih. Allah SWT berfirman yang artinya : “tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan – bisikan mereka, kecuali bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma’ruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barang siapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka Kami kelak akan memberi kepadanya pahala yang besar.” (Q.S. An-Nisaa Ayat 114).

2. Membantu Orang yang Kesulitan

Salah satu poin penting yang harus kita fahami dalam aktivitas sedekah adalah membantu orang yang sedang kesulitan. Memang, sedekah memiliki nilai yang besar karena dapat membantu orang lain yang sedang dalam kesulitan. Maka dari itu, setiap aktivitas yang termasuk ke dalam kategori membantu orang yang sedang sulit dapat digolongkan sebagai aktivitas sedekah. Hal ini diperkuat oleh salah satu hadits Nabi yang artinya : “Sebaik – baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya.”

3. Menghilangkan Halangan di Jalan
Menghilangkan halangan di jalan merupakan sebuah perbuatan yang bermanfaat untuk banyak orang. Hal ini memenuhi kriteria yang telah disebutkan dalam hadits di atas, yang mana Rasulullah SAW mengatakan bahwa sebaik – baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Selain itu, menyingkirkan halangan di jalan juga termasuk sebagai tindakan yang dapat menyelamatkan orang lain dari kesulitan. Hal ini juga memenuhi poin penting yang disebutkan dalam poin nomor dua di atas, dimana inti terpenting dalam aktivitas sedekah adalah menolong orang yang kesulitan.

Itulah tiga hal selain uang yang juga dicatat sebagai amal sedekah oleh Allah SWT.  Aktivitas sedekah pada dasarnya tidak dilihat dari besar kecilnya nilai yang disedekahkan. Lebih dari pada itu, Allah lebih mengutamakan untuk melihat sisi keikhlasan orang yang bersedekah dibandingkan dengan besaran nilai yang disedekahkan olehnya.
Top