Tak Perlu Resah Lagi Bagimu Para Pejuang LDR, Ini Kuncinya!


Hubungan percintaan jarak jauh alias long distance relationship (LDR), ‎punya banyak tantangan bagi para pelakunya, baik suami istri maupun pasangan kekasih. ‎Apa saja tantangan dan kunci untuk memastikan hubungan tetap terjaga?

"Tantangan paling sulit dari LDR bukan berasal dari jarak itu sendiri," kata profesor psikologi di Queen’s University, Kanada, Emma Dargie, seperti dikutip situs web Business Insider pada Kamis (14/1/2016).

‎Dargie pun menyodorkan data hasil surveinya pada 2014, terkait LDR ini.‎ Dalam survei tersebut, 474 perempuan dan 243 laki-laki yang menjalani hubungan jarak jauh diberi pertanyaan terkait keintiman, komitmen, komunikasi, dan kepuasan seksual. Pertanyaan sama juga dilontarkan kepada 314 perempuan dan 111 pria yang tinggal bersama atau berdekatan dengan pasangan.

Baca juga : Kabar Baru Dunia Medis, KB Suntik Pria Terbukti Efektif!

Hasilnya, pasangan LDR justru memiliki tingkat kepuasan, keintiman, dan komunikasi cukup tinggi dibanding mereka yang tinggal bersama atau berdekatan. Business Insider menyebutkan pula data ada 3 juta pasangan menikah di Amerika Serikat menjalani LDR. Data tersebut bersumber dari tulisan KM Bergen, E Kirby, dan MC McBride berjudul "How Do You Get Two Houses Cleaned?" dalam Journal of Family pada 2013, merujuk data pada 2007.

Artikel itu menyitir pula, diperkirakan antara seperempat hingga setengah pasangan mahasiswa di Amerika pun pacaran jarak jauh. Sumber rujukannya adalah riset L Stafford berjudul "Maintaining Long Distance and Cross-residential Relationships" yang dipublikasikan pada 2005. Namun, laman ldrmagazine edisi 27 Juni 2016 menulis, rata-rata LDR hanya bertahan selama 14 bulan.‎ Menurut Dargie yang juga menjalani hubungan jarak jauh, kegagalan hubungan kerap terjadi akibat ketimpangan antara harapan dan kenyataan.

Kuncinya



Meski belum ada data riset soal LDR di Indonesia, pola hubungan jarak jauh sering terjadi atau bahkan tak terhindarkan pula di sini. Ada sejumlah cara untuk memastikan kelanggengan pasangan.

Baca juga : Waduh Belum Gede udah Mahir Ginian, Kamu Pria Yakin Mau Godain?

"Tetapkan kebutuhan masing-masing sejak awal dan cobalah untuk saling memenuhinya. Kemudian beri feedback jika ada kebutuhan yang belum terpenuhi," kata Dargie.

Kebutuhan itu mencakup seberapa sering komunikasi dan pertemuan terjadi. Menurut Dargie, menetapkan tanggal pasti untuk jadwal pertemuan berikutnya juga penting dilakukan.

"Pasangan (LDR) yang tahu pasti kapan mereka akan berada di tempat sama cenderung mampu mengatasi kendala jarak dengan lebih baik," tutur Dargie.
Top