Tak Banyak yang Paham, Ternyata Lubang Hidung Punya Peranan yang Berbeda!


Hidung adalah salah satu organ tubuh yang sangat peting bagi manusia. Hidung berfungsi sebagai alat pencium serta untuk pernapasan. Manusia dilengkapi dengan satu hidung dengan dua lubang hidung. Kebanyakan kita tidak memperhatikan fungsi dari masing-masing lubang hidung ini. Karena kita beranggapan bahwa kedua lubang hidung ini memiliki fungsi yang sama.

Terdiri dari dua lubang, hidung menjalankan fungsinya sebagai indra penciuman dan pembau. Namun, tahukah bahwa kedua lubang hidung ternyata mempunyai fungsi yang berbeda antara kanan dan kiri? Salah satu bukti bahwa lubang hidung dan kanan mempunyai peranan berbeda adalah saat sedang pilek, sebelah lubang hidung terkadang dapat digunakan untuk bernapas, dan sebelahnya tersumbat.

Baca juga : Ini Jadinya Kalau Sayurmu Kurang Bersih! Yakin Ingin Menimbun Mahkluk Ini?

Sebuah penelitian yang dilansir dari berbagai sumber menyatakan bahwa lubang hidung kanan diibaratkan dengan matahari yang berkarakter panas, karena fungsi lubang hidung kanan mengeluarkan udara panas dalam tubuh sehingga meningkatkan sekresi asam. Sementara lubang hidung kiri diibaratkan sebagai bulan yang berkarakter dingin, karena mengeluarkan udara dingin dan meningkatkan pengeluaran alkali (basa).

Meskipun terlihat serupa ternyata kedua lubang hidung mempunyai peranan berbeda. Keduanya saling melengkapi dalam menjaga kestabilan kesehatan tubuh. Bernapas melalui lubang hidung kiri mempengaruhi aktivitas kortikal otak di sisi kanan, dan sebaliknya. Belahan otak kanan yang dipengaruhi oleh dominasi lubang hidung sebelah kiri, terkait dengan kemampuan emosional, visual, relaksasi dan kegiatan yang bersifat feminine.

Sedangkan belahan otak kiri, yang dirangsang oleh dominasi lubang hidung kanan, dihubungkan dengan kegiatan verbal, lebih energik dan rasional. Fungsi masing-masing lubang hidung bisa dirasakan pada saat proses penyembuhan. Contoh masing-masing fungsi lubang hidung antara lain:

Baca juga : Lebih Berhati-hati, Sering Hamil Bikin Kamu Rentan Penyakit!


Bernapas dominan lubang hidung kanan

  • Meredakan sakit kepala
  • Dapat membantu menyembuhkan gangguan pencernaan kronis
  • Meringankan susah buang air besar (sembelit) dan susah makan

Bernapas dominan lubang hidung kiri

  • Dapat meredakan stres
  • Mengatasi kesulitan tidur (insomnia). Caranya, berbaring di sisi kanan dan bernapas dengan lubang hidung kiri (menurup lubang hidung kanan) selama 25 sampai 30 menit.

Sungguh ciptaan Allah SWT yang kita kira selama ini sama saja dan merupakan lubang bernapas, akan tetapi mempunyai kegunaan yang cukup luar biasa dan sangat mengagumkan.
Top