Sulit Konsentrasi? Lakukan 4 Cara Jitu Ini Yuk Biar Fokus Lagi

Komentar


Banyak orang yang mengeluh sulit berkonsentrasi. Bahkan, sampai-sampai diciptakan beberapa suplemen untuk membantu kita fokus. Kamu termasuk yang sering mengkonsumsi suplemen seperti ini nggak, guys?!

Nah, buat kamu yang sulit konsentrasi dan bahkan harus dibantu beberapa suplemen agar bisa konsen, kamu bisa coba cara-cara dibawah ini untuk membantu agar bisa fokus lagi. Siapa tahu kamu jadi enggak perlu lagi beli-beli suplemen buat tambah konsen?!

1. Ganti Kopimu dengan Olahraga Ringan



Jika selama ini kamu bergantung pada kopi untuk berkonsentrasi atau untuk memulai harimu, mulailah gantilah dengan olahraga ringan seperti jogging selama 15 menit.

Kebiasaan meminum kopi akan membuatmu ketergantungan. Ujungnya kamu akan kesulitan kalau tidak meminumnya.

BACA JUGA : 15 Cara Agar Disukai Cewek, Hanya Dengan Pesan Singkat!

Lagipula, menurut penelitian dari University of Illinois, berolahraga ringan seperti jogging barang 15 hingga 30 menit akan mampu meningkatkan dan mengaktifkan fungsi otak yang berhubungan dengan konsentrasi sehingga akan menajamkan fokus dan membuatmu lebih mudah berkonsentrasi.

2. Perbanyak Minum Air Putih



Jumlah ideal konsumsi air putih per hari adalah 2 liter. Jika konsumsi air putihmu kurang, ini juga mengganggu konsentrasimu.

Dan menurut Harris Lieberman, Ph.D, seorang peneliti dari Army Research Institute of Environmental Medicine, rasa haus bukanlah indikator yang tepat untuk menentukan waktu minummu.

“Saat kamu merasa konsentrasi terganggu dan kamu kesulitan untuk fokus, itu adalah tanda dari tubuhmu agar kamu meminum air putih,” jelas Pak Lieberman.

3. Perhatikan Waktu Tidurmu



Seberapa lama waktu tidurmu tiap malamnya?

Mulai sekarang perhatikan waktu tidur yang kamu miliki, waktu tidur ideal untuk orang dewasa adalah 8 jam tiap malamnya.

Dan saat kamu tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, tubuhmu akan mengalami kesulitan untuk melakukan koordinasi dan membuatmu sulit untuk berkonsentrasi.

4. Pusatkan Perhatian Untuk Sejenak Pada Satu Titik Fokus



Jika kamu masih mengalami kesulitan walaupun telah mencoba hal-hal di atas, cobalah untuk memusatkan semua perhatianmu pada satu titik fokus: dedaunan hijau, langit dan awan yang ada di langit atau bisa saja jari-jemari kakimu.

Dengan ini, kamu akan bisa menghilangkan gangguan atau distraksi yang secara tidak sadar ada di sekelilingmu. Kamu pun bisa menjadi lebih berkonsentrasi.

Nah, itu dia 4 langkah jitu agar kamu bisa fokus dan berkonsentrasi lagi dengan semua kegiatanmu. Enggak susah buat dilakukan kan?! Yuk guys, stay focused biar kerjaan juga jadi mulus!
Top