Sucikan Najismu Sebelum Dipastikan Siksa Kubur Yang Pedih Pasti Untukmu.



Kubur menjadi pintu pertama menuju ke akhirat . Pintu yang akan menunjukan kearah mana kita kelak surga atau neraka . Gelap , sempit , menghimpit bahkan siksanya sungguh mengerikan . Rasulullah bersabda ," Aku tidak melihat suatu pemandangan pun yang lebih menakutkan daripada kubur ." (HR. Nasai & Ibnu Majah)

BACA JUGA : Hindarkan Diri Dari Nafsu Dengan Menanamkan Pada Diri Untuk Mencintai Seseorang Dalam Diam

Maka apabila seseorang dapat selamat dari keburukan kubur setelahnya pun akan lebih mudah . Tapi bila sesorang tak selamat dari siksa kubur maka setelahnya pun akan lebih berat . Makanya Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepada kita untuk berdoa di akhir shalat , untuk berlindung dari adzab kubur yang sangat mengerikan .

Siksa kubur bisa disebabkan hal sepele seperti kencing .Sebagaimana sabda Nabi SAW ketika melewati 2 kuburan ," Keduanya sedang disiksa dan tidaklah keduanya disiksa disebabkan dari sesuatu yang besar (menurut keduanya) ." kemudian beliau menerangkan ," Yang satu disiksa karena tidak bersuci setelah kencing ( tidak berhati - hati dalam najis kencing ) , sementara yang lain disiksa karena suka mengadu domba ." (HR. Bukhari dan Muslim)

Oleh karenanya kita harus sangat berhati - hati menjaga diri dari terkenanya adzab kubur sebab kubur adalah persinggahan pertama yang menjadi penentu akan dibawa kemana selanjutnya .
Allah SWT berfirman ," Sekali kali tidak, sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergejolak , yang mengupas kulit kepala ." (QS. Al-Ma'arij : 15-16)

Seseorang tak akan tahan bersentuhan dengan api dari neraka jahanam  meski hanya hitungan detik saja .

Rasulullah memberi penjelasan yang akan membuat kita takut akan tersentuh oleh api neraka
" Api yang kalian pakai ini yang dinyalakan oleh anak cucu adam hanyalah 1 dari 70 bagian dari panasnya api jahannam . Mereka berkata ," Demi Allah wahai Rasulullah , api di dunia ini saja sudah cukup untuk menyiksa ." Maka beliau bersabda ," Maka sesungguhnya api jahannam dilebihkan 69 kali lipat panasnya dan setiap bagiannya (dari 69 ini) mempunyai panas yang sama seperti api di dunia ." (HR . Al- Bukhari no. 3265 dan Muslim no. 2843)

Maka marilah kita perbanyak amal shaleh serta menghindari hal - hal yang dapat membuat kita di adzab dalam kubur dan semoga kita semua terjauhkan dari siksa neraka jahanam yang bahan bakarnya dari manusia dan batu .
loading...
Top