Sering Merasakan Lelah? Jangan Diabaikan, Simak Penyebabnya!


Hidup di zaman yang serba cepat seperti sekarang ini, pastilah menjadikan kita sebagai salah satu orang yang harus bergerak dengan cepat dan sigap untuk menuntaskan setiap permasalahan. Salah satu cara yang paling tepat untuk membangkitkan semangat di pagi hari misalnya, adalah dengan mandi dengan air dingin agar terasa lebih segar dan semangat. Ada pula yang membuka paginya dengan berolahraga, serta jangan lupa dengan sarapan sehat.

Baca juga : Lebih Berhati-hati, Sering Hamil Bikin Kamu Rentan Penyakit!

Akan tetapi, banyak yang masih malas untuk melakukan pola hidup sehat, sehingga akhirnya pekerjaan akan terasa membosankan dan malas untuk mengerjakannya. Beberapa orang yang melakukan pola hidup sehat, terbukti mampu mengerjakan pekerjaan lebih baik daripada yang tidak. Jika tidak dilakukan, mungkin bisa saja rasa malas akan hinggap hingga bahkan merasa lelah setiap mengerjakan sesuatu.

Siapa saja bisa merasa kelelahan. Apalagi jika terus bergelut dengan aktivitas yang padat dan berat. Namun, bila merasa lelah sepanjang hari dan hal ini sering terjadi, barangkali memang ada masalah kesehatan pada tubuh. Seperti dikutip dari Boldsky, berikut ini lima hal yang bisa menyebabkan masalah kesehatan.

1. Masalah tiroid


Kelelahan sepanjang waktu juga bisa jadi, karena adanya masalah kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid yang tidak bisa berfungsi dengan baik bisa membuat kelelahan yang menyebabkan kulit kering, kuku rapuh, bengkak di bawah mata, suara serak, hingga perubahan suasana hati. Sebaiknya periksa ke dokter  ketika mengalami masalah ini.

2. Diabetes


Konsumsi makanan yang mengandung gula seharusnya bisa meningkatkan energi untuk tubuh. Akan tetapi, pada pasien diabetes, glukosa dalam darah akan sulit menyerap ke sel-sel tubuh. Akibatnya tubuh malah merasa lemas. Sebaiknya, rajinlah periksa kadar gula darah.

Baca juga : Sedang Hamil? Pantang Lakukan Perawatan Kulit Seperti Ini!


3. Depresi


Masalah kesehatan mental, seperti depresi juga bisa menyebabkan kelelahan. orang yang depresi akan sulit berkonsentrasi, sulit tidur, merasa putus asa, mengurung diri di kamar, dan energi pun akan terkuras habis, sehingga merasa kelelahan. Jika mengalami hal ini, jangan ragu untuk berkonsultasi ke psikolog atau psikiater.

4. Kurang vitamin B12


Vitamin ini dibutuhkan oleh tubuh untuk bisa memertahankan energi. Kekurangan vitamin B12 tentu akan membuat tubuh merasa kelelahan. Konsumsilah makanan yang kaya akan vitamin B12 seperti telur, ayam, dan ikan.

5. Anemia


Anemia atau kekurangan sel darah merah bisa menyebabkan seseorang kelelahan sepanjang hari. Anemia umumnya disebabkan karena kekurangan besi. Ketika anemia terjadi, pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh pun akan terganggu, termasuk ke otak. Akhirnya tubuh akan merasa kelelahan, sakit kepala, hingga sulit konsentrasi.
loading...
Top