Semoga Kita Bukan Diantaranya, Inilah 5 Ciri Orang yang Tidak Diterima Shalatnya



Sholat merupakan kewajiban bagi seluruh umat Muslim bagi yang sudah baligh. Dimana, jika sholat itu tertinggalkan, maka dosa yang tiada tara itu sudah siap menunggu di akhirat kelak.

Saking wajibnya, sholat ini masih diberi keringanan agar kita mampu melaksanakan sholat dalam keadaan apa pun dan dimana pun.

Ternyata, tidak semua sholat yang kita lakukan itu dapat diterima oleh Allah SWT. Ada pula sholat yang tidak diterima oleh-Nya. Seperti yang dihimpun dari dakwahjomblo orang-orang tersebut merupakan orang yang termasuk dalam kategori ini.

Anas bin Malik RA meriwayatkan dari Rasulullah SAW bahwasanya beliau bersabda, Lima (golongan manusia) tidak diterima shalatnya, yaitu:


1. Istri yang marah pada suaminya,
2. Hamba yang lari dari majikannya,
3. Orang yang memboikot saudaranya lebih dari tiga hari, di mana ia tidak berkata-kata dengan saudaranya,
4. Orang yang terus menerus minum minuman keras,
5. Imam suatu kaum, di mana ia mengimami shalat mereka, sedangkan mereka benci kepadanya.”


Al-Faqih menerangkan bahwa kebencian kaum itu terdiri dari dua hal.

#1. Pertama, apabila mereka membenci imam karena kurang baik akhlaknya atau banyak salah di bacaan sholat, sedangkan di dalam jamaah itu ada orang yang lebih baik daripada imam itu, maka inilah yang dilarang untuk menjadi imam.

#2. Kedua, yaitu apabila kebencian disebabkan karena imam itu menganjurkan untuk berbuat baik dan melarang dari perbuatan mungkar atau karena ada rasa dengki, kemudian mereka membencinya, sedangkan di dalam jamaah itu ada orang yang lebih baik daripada imam itu, maka kebencian yang semacam itu tidak bisa diterima, dan hendaknya ia tetap mengimami mereka dan janganlah kebencian itu ia pedulikan.
loading...
Top