Selain Adzan, ini Doa Penting yang Dibaca saat Bayi Baru Lahir

Komentar


Setiap pasangan yang telah menikah dan dikaruniai seorang anak pasti merasakan kebahagiaan yang tak besar. Anugrah istimewa ini menjadi kebahagiaan semua orang dalam keluarga karena memiliki keturunan yang akan meneruskan dengan harapan si anak dapat mendoakan serta berbhakti kepada kedua orangtuanya.

Dalam agama Islam sendiri telah diterangkan bahwa pahala yang tak terputus bagi orang tua yang sudah meninggal dunia ialah doa anak sholeh dan sholehah. Karena itu kita yang telah diberi anugrah buah hati ini harus bisa merawat dan menjaganya.

Hal pertama saat kelahiran anak kita tentunya bersyukur. Dalam bentuk apa? Pasti pertama ucapan hamdallah, namun tak kalah penting adalah mendoakan anak kita dengan harapan menjadi orang yang beriman dan bertaqwa hingga berbakti kepada kedua orangtua serta dapat memberikan kebaikan bagi sesama.

Nabi Muhammad Saw pernah bersabda, ”Tidak ada seorang bayi pun dari anak adam baik bayi muslim ataupun bayi non muslim yang terlahir kecuali dia pasti akan mendapatkan tusukan dari setan sehingga bayi yang baru lahir tersebut menangis serta menjerit karenanya, kecuali Maryam dan Putranya Nabi Isa As". (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca Juga: Bagaimana Hukum Shalat Ketika Adzan Dikumandangkan?

Adapun untuk anjuran Rasulullah SAW kepada seluruh umatnya untuk mendoakan bayi yang baru lahir agar terhindar dari gangguan setan, yang pertama ialah dengan cara mengadzani pada telinga kanan dan membaca iqamat di telinga kiri pada bayi anda yang baru lahir dan hal tersebut.

Sabda Nabi Muhammad Saw, ”Barang siapa yg mendapati seorang bayi yang baru lahir, kemudian ia diazankan pada telinga kanannya dan di iqamatkan pada telinga kirinya maka dia tidak akan diganggu oleh setan yang selalu menggangu anak kecil." (HR. Ibn Sunny dari Hasan Ibn Aki Ra)

Lalu untuk anjuran yang kedua ialah dengan membaca doa untuk bayi yang sudah lahir dalam surat Ali Imran ayat 36 seperti diatas karena surat Ali Imran tersebut dibacakan dengan tujuan untuk memohon perlindungan Alloh SWT dari gangguan setan.

Kemudian untuk anjuran selanjutnya ialah dengan membaca Surat Al Ikhlas di kedua telinganya dan bacakanlah kalimat Laa ilaaha illallahu kepada bayi baru lahir sebagai kalimat pertama yang ia dengarkan.
Top