Sehatkah Jadi Pejuang Akhir Pekan? Olahraga Ya di Hari Minggu!

Penulis Unknown | Ditayangkan 27 Feb 2017

Sehatkah Jadi Pejuang Akhir Pekan? Olahraga Ya di Hari Minggu!

Sebagian orang beranggapan bahwa waktu olahraga tak ditentukan dan bisa dilakukan kapan saja. Sehingga bagi masyarakat urban yang cenderung penuh dengan kesibukan, akan dengan senang hati membuat olahraga bukan sebagai kebutuhan, namun hanya sebagai ajang plesiran.

Baca juga : Ingin Sukses Diet? Pamer Saja di Media Sosialmu!

Mereka yang aktivitas sehari-harinya banyak dihabiskan di tempat kerja biasanya memilih akhir pekan sebagai waktu untuk berolahraga. Namun, sehatkah jika olahraga hanya dilakukan seminggu sekali?

Salah satu panduan hidup sehat menyebutkan, aktivitas fisik seharusnya dilakukan secara rutin 150 menit seminggu, atau rata-rata 30 menit setiap hari. Meski dilakukan seminggu sekali, ternyata manfaatnya tetap sama asalkan durasi waktunya sesuai dengan rekomendasi aktivitas fisik. Demikian menurut hasil penelitian terbaru.

Studi itu dilakukan dengan melakukan survei pada 64.000 orang dewasa berumur di atas 40 tahun di Inggris dan Skotlandia. Tim peneliti menganalisis data waktu yang dilakukan seseorang dan kesehatannya selama kurun waktu 18 tahun.

Dibandingkan dengan orang yang tidak berolahraga sama sekali, orang yang melakukan olahraga (baik rutin maupun tidak) memiliki risiko lebih rendah meninggal karena kanker dan penyakit kardiovaskular, yang bisa memicu serangan jantung dan stroke.

Sehatkah Jadi Pejuang Akhir Pekan? Olahraga Ya di Hari Minggu!

Baca juga : Bukan Karena Mantan, Rasa Cemas Bisa Jadi Akibat Konsumsi Kopi

"Pejuang akhir pekan" atau mereka yang hanya berolahraga pada akhir pekan memiliki risiko meninggal karena penyakit kardiovaskular 41 persen lebih rendah, dan risiko kanker 18 persen lebih rendah, dibanding dengan mereka yang tak berolahraga sama sekali.

Sementara itu, orang yang berolahraga rutin tiga kali seminggu atau lebih, penurunan risikonya sedikit lebih besar, yaitu 41 persen dan 21 persen. Jadi, bagaimana menurutmu?
SHARE ARTIKEL