Sedang Hamil? Pantang Lakukan Perawatan Kulit Seperti Ini!

Komentar

Apa yang paling membuat wanita bahagia di dunia ini? Membanggakan kedua orang tua, berhasil dalam karir, membangun sebuah keluarga, atau mungkin menjadi seorang ibu. Berbicara mengenai seorang ibu, pastilah para wanita yang telah menikah akan mengalami masa-masa hamil sebelum akhirnya melahirkan seorang anak.

Hamil tidak selalu mudah dan nyaman bagi wanita terutama jika sudah memengaruhi penampilan kulit. Fluktuasi hormon menyebabkan wanita hamil mengalami jerawat, ruam, dan ragam masalah kulit lainya.

Baca juga : Mengapa Allah Menciptakan Kutu? Ternyata Ini 4 Gunanya!

Banyak pakar menyarankan wanita yang sedang mengandung untuk mengganti atau mengubah ritual perawatan kulit. Salah satu perawatan kulit yang paling dilarang oleh dermatolog adalah mengenakan produk untuk anti aging. Sebab, produk anti aging mengandung retinoid. Retinoid sangat berbahaya karena sejumlah studi menghubungkan pemakaian retinoid selama mengandung bisa mengakibatkan deformasi wajah pada janin.

Dr Whitney Bowe, dermatolog, menyarankan agar wanita hamil menjauhkan kulit dari rangkaian perawatan anti aging. Kemudian, wanita hamil yang berjerawat juga direkomendasikan untuk berhenti menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung benzoyl peroxide dan salicylic acid. Menurut Dr Bowe, banyak dokter dan pakar kecantikan yang kurang mawas pada bahaya dua kandungan tersebut. Jadi, sebaiknya untuk lebih aman jangan mengaplikasikannya pada kulit ibu hamil.

Dia menganjurkan agar para wanita hamil untuk menerapkan perawatan yang sederhana dan praktis, yakni membersihkan wajah, mencuci wajah, dan mengenakan pelembab. Namun, pastikan bahwa semua produk perawatan tersebut bebas dari kandungan yang memberikan dampak buruk pada kesehatan janin. Dr Bowe menegaskan bahwa wanita hamil untuk melakukan konsultasi pada dermatolog dan dokter kandungan mengenai pilihan produk perawatan kulit yang mereka gunakan.


Baca juga : Ciri Orang Tak Bahagia yakni Mandi Lama, Mitos atau Fakta?

Pasalnya, kandungan produk yang dipulaskan pada kulit bisa menyerap dari pori-pori kulit hingga masuk ke aliran darah dan memengaruhi perkembangan janin dalam kandungan.

Oleh karena itulah, para ibu hamil harus lebih berhati-hati mulai sekarang. Jangan hanya karena ingin terlihat cantik, maka menyepelekan kesehatan ibu dan calon buah hati. Duh, jangan sampai ya! Lebih baik gunakan bahan-bahan alami atau percantik diri lewat kebaikan dan perbanyak ibadah. Kecantikan dari dalam lebih menjanjikan daripada menggunakan produk mahal yang belum tentu khasiatnya. Stay healthy.
Top