Rapat Sambil Berdiri Hingga Ruang Perang, Kantor Gila Ini Sungguh Mengagumkan!


Setiap perusahaan pastilah mempunyai kebijakan dan peraturan yang berbeda-beda. Perusahaan yang baik adalah yang selalu berinovasi dan memberikan ilmu kepada karyawan, bukan hanya untuk mengais tenaga mereka dalam bekerja dan membayarnya. Namun lebih membuat para bawahan menjadi lebih kreatif dan betah dengan kantornya. Salah satu yang unik adalah perusahaan MatahariMall.com dengan kebijakan gilanya.

Baca juga : Jangan "Latah" Resign Jika Tak Ingin Seperti Ini di Kantor Baru!

Walaupun baru berdiri sejak tahun lalu, MatahariMall.com sudah memunculkan berbagai  rumor menarik mengenai budaya kerjanya. Salah satu contohnya adalah rapat sambil berdiri. CEO MatahariMall, Hadi Wenas, mengungkapkan beberapa hal unik dalam budaya kerja perusahaannya. CEO yang tergolong muda ini mengatakan, sebenarnya itu tergantung dari pimpinan masing-masing karena kita cukup fleksibel. Akan tetapi, kalau yang rapat berdiri itu berarti dia sudah pernah rapat dengan aku.

Nah, apa saja yang berbeda di perusahaan ini?

1. Rapat berdiri


Menurut Wenas, alasannya untuk mengadakan rapat berdiri adalah kesehatan dan efektifitas.

Kalau meeting manajemen atau yang meeting di War Room itu hasilnya selalu keputusan dan rata-rata dilakukan selama satu jam atau paling lama satu jam setengah. Soalnya, kalau sudah satu jam setengah itu orang-orang sudah tidak kuat lagi (berdiri),” ucapnya.

Selain itu, Wenas mengatakan bahwa rapat berdiri ini juga bertujuan untuk mengajari karyawannya berpikir dan mencari solusi semaksimal mungkin sebelum meminta diskusi.

2. Bold


Perusahaan ini juga seringkali melontarkan pertanyaan “Is this bold enough?” yang berarti apakah ini cukup berani? Walaupun awalnya terkesan mengintimidasi, pertanyaan tersebut memupuk kreatifitas dan imajinasi karyawan.

3. War Room


Aku kan tidak punya kantor, adanya War Room. War Room  itu seperti ruang kontrol kalau sedang perang. Jadi ada banyak memo, inisiatif perusahaan, semuanya ada di sana,” tutur pria yang biasa dipanggil Wenas ini.

War Room yang berarti ruangan perang ini memiliki beberapa kelebihan, di antaranya adalah kemudahan untuk mengomunikasikan kepada banyak orang dan mengubah prioritas tugas hanya dengan menggeser memo.


Baca juga : Hi Ladies, Jangan Berbagi Lipstik dengan Temanmu Agar Tak Seperti Ini!

4. Auto-Approval E-mail


MatahariMall.com memiliki sebuah aturan di mana surat elektronik yang tidak dibalas dalam kurun waktu 24 jam secara otomatis dianggap telah disetujui.

Kalau di perusahaan lain, standarnya kan menunggu, tetapi kalau di kita standarnya setuju. Sebab, menurut perusahaan kita, lebih baik untuk meminta maaf di kemudian hari daripada menunggu untuk izin,” kata Wenas.

Walaupun pada awalnya hal ini terdengar sebagai ide yang luar biasa buruk, ternyata budaya tersebut dapat mendorong karyawan untuk berkembang. Sebab, hal ini memaksa atasan untuk lebih sering mengecek surat elektronik atau mengajari bawahannya berpikir dan membuat keputusan sendiri.
loading...
Top