Perbedaan Paling Nyata, Teman yang Tulus vs. Teman Palsu


Hati-hati, bisa-bisa malah ia jadi teman yang makan teman

Menjadi mahluk sosial pasti tak luput dari yang namanya bersosialisasi dengan orang lain. Kita membutuhkan teman untuk sekedar sharing dan mendengar cerita dari orang lain. Namun memilih teman untuk sharing hal-hal yang sifatnya pribadi membutuhkan ekstra kehatian-hatian.

Karena tak semua orang yang bisa menjadi teman yang tulus dan menjadi sahabat yang baik. Bisa-bisa teman malah akan memanfaatkan kelemahan kita untuk keuntunganya sendiri. Ya itulah yang namanya teman palsu.

Teman baru akan selalu berdatangan dalam kehidupan, namun hanya sahabat yang akan tetap bertahan. Setiap kisah perjumpaan selalu terjadi karena sebuah alasan, entah untuk anugerah atau pelajaran.

Supaya tidak terlanjur mengecewakan, yuk kenali 8 tanda yang membedakan antara kawan sejati dan orang-orang yang hanya suka memanfaatkan dikutip dari Idntimes.

1. Kawan yang tulus berteman, akan selalu menghormati semua orang.

brettjonesonline.com

Pertemanan seharusnya didasari rasa saling menghormati. Setiap orang memiliki hak untuk dihormati sebagai manusia. Orang yang tulus berteman akan menghormati setiap orang. Berbeda dengan orang yang tidak tulus, ia akan berteman hanya dengan orang yang punya kekuasaan.

2. Teman sejati itu tulus dalam memuji.


cs.brown.edu

Seorang teman sejati akan memiliki ketulusan dalam memuji. Mereka mengeluarkan pujian sebagai bentuk apresiasi kepada kawannya. Orang yang gak tulus, hanya memuji untuk cari muka. Cara membedakan pujian yang tulus dan tidak, ada caranya kok. Caranya adalah dengan melihat apakah pujian tersebut berdasarkan pada fakta atau bukan.

Baca Juga: Bukti Kekreatifan Anak Vespa Indonesia dengan Modifikasi "Segila" ini

3. Sahabat sejati tidak sungkan menyampaikan pendapat demi kritik.

huffingtonpost.ca

Seorang sahabat sejati akan sukarela ngobrol untuk kritik yang membangun. Ia akan menyampaikan pendapatnya dengan jujur. Beda dengan orang yang cari muka, dia hanya menceritakan yang bagus-bagus di depan muka. Kalau di belakang, malah sukanya gosip dan ngomongin kejelekan orang.

4. Seorang teman akan selalu hadir untuk menolong di kala kita kesusahan.

kennethmd.com

Ia gak punya pamrih saat menolong orang yang kesusahan. Niatnya murni untuk meringankan beban. Kalau teman yang gak tulus, ia pasti mengharap imbalan.

5. Teman yang tulus gak bakal pamer ketika sudah sukses.

questionspedia.com

Kesuksesan bukanlah hal yang pantas dipamerkan dengan tujuan merendahkan orang lain. Teman sejati pun gak bakal melakukannya. Seorang teman sejati yang sudah sukses, akan berusaha membantu sahabatnya untuk menggapai impian, keberhasilan, dan kesuksesan.

6. Dari sikapnya pun terlihat, apakah teman itu jujur ingin menambah kawan atau sekedar menjilat.

mic.com

Semesta akan menjawab keinginan makhluk di dalamnya. Istilahnya ‘mestakung’ alias ‘semesta mendukung’. Ketika kita jujur ingin berteman, teman pun akan berdatangan. Kejujuran terlihat dari sikap kita.

Baca Juga: 5 Gologan Manusia Tak akan Masuk Surga, Bahkan Baunya pun Tak akan Mereka Cium

7. Teman yang tulus itu akan menghargai janji yang dibuat.

koogle.tv

Gak ada alasan untuk gak memenuhi janji. Apalagi janji yang dibuat dengan seorang teman sejati. Seberat apapun pasti akan berusaha untuk ditepati. Hanya ada dua alasan kenapa seseorang melupakan janji. Alasan pertama karena memang benar-benar lupa. Alasan kedua adalah janji itu dianggap tidak penting.

8. Sahabat akan menghapus air mata dan membuat kawannya tertawa untuk melupakan kesusahan.

unzippedtv.com

Mereka hadir kala susah ataupun senang. Mereka menguatkan dan berbagi keceriaan sehingga membuat hidup kita lebih berwarna. Tanpa diminta pun sahabat selalu muncul dan berjuang bersama. Sahabat adalah orang-orang yang benar-benar bisa kita handalkan.

Mengetahui siapa sahabat sejati akan memberikan kebahagiaan dalam hidup. Jangan pernah menyia-nyiakan kehadiran mereka. Rawatlah hubungan pertemanan ini hingga akhir hayat.
Top