Mual dan Sering Muntah ketika Bangun Tidur, Pertanda Apa?



Saat bangun tidur apakah anda sering mengalami mual. Dalam mulut terasa lendir dan rasanya ingin muntah atau bahkan sering muntah. Sebuah pertanyaan. Dari seorang yang berusia 22 th.

Assalamualaikum Wr Wb.
Saya Nava (L) usia 22 tahun.
Mau bertanya, saya sering mengalami muntah pada setiap saat bangun tidur malam, dan muntah tersebut tidak disertai makanan atau minuman yang keluar, melaikan cairan yang berasa pahit dilidah, dan keluarnya cairan tersebut sangat susah keluarnya, keluarnya dengan cara terus-terusan dimuntahkan.

Saya ingin bertanya, apakah ada penyakit yang saya alami dari kejadian tersebut? Penyakit apa? Apa solusi yang harus saya lakukan?
Terimakasih sebelumnya atas respon konsultasi ini, semoga Allah melimpahkan pahala untuk Anda. Wasslmkm Wr Wb

Jawaban dikutip dari konsultasisyariah:

Wa’alaumussalam

Perlu diketahui, penyebab muntah ada beberapa keadaan:

Masalah pencernaan, di mana makanan tidak bisa dicerna secara sempurna atau prosesnya tidak sempurna sehingga terjadi “penolakan” makanan oleh pencernaan dan makanan dikeluarkan lagi.

Banyaknya dahak, dahak yang menumpuk banyak bisa memicu respon muntah dan ini proses alamiah untuk mengeluarkannya.

Baca Juga: Sakit Kepala yang Sangat Menyakitkan. Kanker Otak?

Terlalu kenyang, makanan yang terlalu banyak mungkin akan “tumpah” keluar dan terjadilah muntah.
Depresi atau stress, ini juga bisa memicu muntah dan perasaan mual.

Sebenarnya masih banyak sebab muntah yang lainnya.

Dari kasus anda, sering muntah terutama jika bangun tengah malam, keluar cairan dan susah keluarnya. Maka kemungkinan besar ini adalah dahak yang menumpuk. Mungkin anda terkena penyakit saluran penapasan yang memproduksi banyak dahak.

Kami sarankan agar anda memeriksakan diri untuk mengetahui diagnosa penyakit anda lebih pastinya. Sehingga bisa diberikan terapi yang tepat sesuai dengan penyakitnya.
loading...
Top