Lalu Siapa Yang Menemanimu Di Hari Kiamat Kelak??


Ketika kematian dan kelahiran datang silih berganti. Ada yang datang, pasti ada yang pergi. Lalu, jika kita meninggal nanti, siapa yang akan menemani kita nantinya?

Lalu, siapa yang akan menemani kita di hari kiamat?

Dari Sa’id bin Sulaim ra, Rasulullah SAW bersabda, “Tiada penolong yang lebih utama derajatnya di sisi Allah pada hari Kiamat daripada Al-Qur’an. Bukan nabi, bukan malaikat dan bukan pula yang lainnya.” (Abdul Malik bin Habib-Syarah Ihya).

"Barangsiapa yang berpaling dari peringatan-Ku (Al-Quran), maka baginya rezeki yang sempit. Dan di hari kiamat dia akan didatangkan dalam keadaan buta." (QS Thaha: 124) Salah satu amalan yang sering kita lupakan ialah membaca Quran. Padahal kita hanya perlu meluangkan waktu satu atau dua jam setiap harinya. Tapi apa yang kita lakukan? Haha hihi di media sosial, tutup buka tab online shopping, atau melamunkan banyak hal. Untuk kegiatan seperti ini, kita tak pernah kehabisan waktu. Sedangkan untuk Al-Quran?

Al-Quran merupakan pedoman hidup yang memuat hal-hal besar bahkan sepele sekalipun. Perdagangan? Ada. Hubungan sosial? Ada. Psikologis? Kesehatan? Semuanya ada dalam Al-Quran.

 Tapi mengapa kita selalu meremehkannya? Karena kita tidak memprioritaskannya, ingatlah hal ini agar tau betapa mulianya Al-Quran.

1. Mengapa kita merasa sulit meluangkan waktu?
“Dan sungguh, akan kami isi neraka jahannam banyak dari kalangan jin dan manusia. Mereka memiliki hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka memiliki mata, (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengarkan (ayat-ayat) Allah. Mereka seperti hewan ternak, bahkan lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lengah.” (Surat Al- Araaf: 179).

2. Dahulukan urusan akhirat, maka Allah akan memberimu beragam kecukupan dunia maupun akhirat.
"Telah mengkabarkan kepada kami (At-Tirmidzi) Ali bin Khasyram, telah mengabarkan kepada kami (Ali) Isa bin Yunus, dari Imran bin Zaidah bin Nasyith dari Bapaknya dari Abi Kholid al-Walibiy, dari Abu Hurairah, dari Nabi Shallallahu'alaihi wassalam, beliau bersabda: 'Sesungguhnya Allah berfirman, 'Wahai anak Adam, gunakan waktumu hanya untuk beribadah kepada-Ku, niscaya Aku menjadikan dadamu penuh dengan rasa kecukupan dan Aku akan menutup kefakiranmu. Jika engkau tidak melakukannya, maka Aku akan memenuhi kedua tanganmu dengan kesibukan dan Aku tidak akan menutup kefakiranmu.'"  Hadits Shohih (HR. at-Tirmidzi no. 2466, Ibnu Majah no. 4108, Ahmad II/358, dan Al-Hakim II/443, dishohihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih At-Targhiib wat Tarhiib no. 3166 dan Silsilah Ahaadits as-Shohihah III/346).

3. Tidak ada yang tahu batas umur kita sampai kapan
“Tiada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yg akan diusahakannya besok. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.”( QSLuqman/31:33-34). 
Top