Jangan Lari, Faktanya Malah Syetan Takut Sama Manusia Lho!


Rumah angker, sekolah lama, hutan lebat, yang terpikir pertama kali saat melintasi atau mengetahui tempat seperti itu adalah angker dan menakutkan. Seolah memang sudah terpatri sejak lama, tempat yang mempunyai nuansa seram akan dihubungkan dengan hal ghoib. Dimana hal tersebut selalu disangkut-pautkan pula dengan bermacam-macam sosok tak kasat mata.

Jika mendengar hal-hal ghoib, manusia cenderung akan ketakutan. Makhluk ghoib seakan sudah menjadi hal yang sangat ditakuti bahkan sangat dihindari.

Baca juga : Ketahui 2 Manusia yang Suaranya Dikenali Oleh Para Malaikat!

Namun, tahukah jika ternyata makhluk halus dari bangsa jin (setan, memedi, makhluk halus, kuntil anak, pocong, dan lain-lain) itu justru takut terhadap kita, manusia. Mereka akan takut pada kita jika kita memiliki keberanian yang ditopang dengan iman yang kuat terhadap Allah SWT.

Fakta makhluk halus takut kepada manusia ini ditegaskan melalui kisah Mujahid bin Jabir, tokoh terkemuka generasi tabiin. Cerita ini seperti dinukilkan dari kitab Gharaib wa ‘Ajaib al-Jin karangan Qadi Badruddin bin Abdullah as-Syibli

Diriwayatkan dari Ibn Abi ad-Dunya, dalam kitab tersebut dikisahkan Mujahid yang hendak melaksanakan shalat pada pertengahan malam.

Belum juga Mujahid melakukan takbiratul ihram, tiba-tiba munculah sesosok misterius seusia anak remaja tepat di hadapannya. Spontan, Mujahid pun bergegas hendak menangkapnya.

Namun, sosok yang ternyata jin tersebut berdiri lalu loncat. Saat berusaha kabur, ia terjatuh di belakang dinding hingga suaranya terdengar keras. “Ketika itu juga ia tidak kembali lagi,” kata Mujahid.

Ketahuilah mereka itu sebenarnya takut kalian, sebagaimana kalian takut mereka,” ujar Mujahid.

Penegasan ketakutan makhlus halus lainnya juga disampaikan oleh Yahya bin al-Jazzar. Saat itu ia melihat Abu Syur’ah hendak memasuki toilet yang berada di luar rumah pada tengah malam dengan rasa takut. Maka Yahya pun meminta Abu Syur’ah agar tidak takut. “Sesungguhnya yang engkau takuti itu lebih terbirit-birit (ketika melihatmu),” kata Yahya.


Baca juga : Rumput Tetangga Lebih Hijau, Mengapa Bisa Begitu? Ini Alasannya!

Mujahid pun kembali berpesan kepada manusia, ketika melihat bangsa jin atau sejenisanya janganlah kalian berlari. Ini justru akan membuat kalian celaka dan trauma. “Tetapi hadapilah, dia akan pergi sendiri,” pesannya. Jadi, apakah masih takut dengan setan?”

Ketahui bahwa mereka menakuti manusia untuk melemahkan iman. Sehingga kita haruslah selalu berserah diri kepada Allah SWT dan senantiasa memohon perlindungan agar terhindar dari kejahatan yang mereka lakukan. Semoga pesan yang bisa diambil adalah semakin meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT agar menjadi manusia yang lebih baik hari ini, esok, dan seterusnya.
loading...
Top