Jangan Duduk di Atas Kuburan, Kalau Masih Berani, Ini Yang Akan Terjadi


Manusia yang bernyawa pastinya akan mati. Semua suatu hal yang ada didunia ini hanya berbentuk sesaat. Kita cuma bertindak sebagai pengembara yang mencari rahmat serta ridha Allah SWT, supaya bisa pergi ke tempat yang paling istimewa.

Kita tidak bakal pernah tahu, kapan kita bakal kembali pada Allah SWT. Cuma saja, kita mesti senantiasa ingat pada hak serta keharusan kita sepanjang hidup didunia ini. Baik pada diri kita sendiri ataupun pada orang lain. Satu diantaranya, saat ada saudara seiman yang meninggalkan kita lebih dahulu, jadi telah jadi keharusan kita untuk mengurusi serta menghormatinya.

BACA  JUGA : Perawatan Kecantikan Ternyata Haram, Ini Perjelasannya...

Ya, kita tidak cuma mesti menghormati orang yang masihlah hidup didunia. Namun, pada mereka yang sudah meninggal dunia juga, butuh kita hormati. Satu diantaranya pada tempat sebagai peristirahatannya sesaat, yaitu kuburan. Ada hal yg tidak bisa kita kerjakan. Apakah itu?

Sebagai seseorang muslim, makruh hukumnya apabila kita duduk diatas kuburan saudara seagama atau mencapai dengan kaki kita. Seperti Rasulullah bersabda, “Janganlah kalian duduk diatas kuburan serta janganlah shalat menghadap padanya, ” (Diriwayatkan Muslim).

Rasulullah juga bersabda, “Seandainya salah seseorang dari kalian duduk diatas bara api lalu bara api itu membakar bajunya serta tentang kulitnya, itu tambah baik baginya dari pada duduk diatas kuburan, ” (Diriwayatkan Muslim).

Saat pergi ke kuburan untuk mendoakan pakar pendam, jadi upayakanlah jangan pernah kita duduk diatas kuburan saudara seiman kita. Sebab, kita tidak pernah tahu bagaimana keadaan mereka di dalamnya. Serta kita ketahui, itu adalah tempat peristirahatan untuk jasad-jasad mereka.
Top