Jangan Buka Gmail di Chrome pada Windows XP dan Vista

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 07 Feb 2017
Jangan Buka Gmail di Chrome pada Windows XP dan Vista

Google akan berhenti memberikan update Gmail di peramban (browser) Chrome untuk Windows XP dan Vista pada akhir 2017 ini. Akibatnya, pengguna Gmail di browser Chrome di kedua sistem operasi lawas Microsoft itu akan rentan terhadap serangan cyber.

Hal ini sejalan dengan penghentian dukungan Chrome oleh Google pada kedua sistem operasi lawas Microsoft, yakni XP dan Vista. Tidak ada update lagi setelah Chrome versi 49 dirilis di kedua OS lawas tersebut.

Gmail sendiri akan tetap bekerja secara normal sepanjang 2017 di peramban Chrome. Namun mulai Desember mendatang, pengguna yang membuka Gmail dengan Chrome di XP dan Vista akan dialihkan menuju versi HTML dasar (basic HTML).

Dilansir dari Engadget melalui KompasTekno, Selasa (7/2/2017), versi ini merupakan versi sederhana dari Gmail, dengan teks dan tautan saja. Versi HTML ini juga tidak akan mendapat pembaruan. Oleh karena itu, pengguna bakal rentan terhadap serangan cyber.

Google menyarankan, sebaiknya pengguna OS Windows XP dan Vista segera beralih ke OS yang lebih baru, seperti Windows 7, 8.1, atau Windows 10.

Seperti diketahui, Google pada akhir pekan lalu mengumumkan bakal mencabut dukungan untuk Chrome versi 53 ke bawah di penghujung 2017 nanti.

Langkah yang rencananya bakal diwujudkan pada Desember 2017 tersebut akan berdampak signifikan untuk pengguna komputer yang masih bertahan dengan sistem operasi Windows XP dan Vista. Pasalnya, keduanya hanya bisa memakai Chrome hingga versi 49 saja.

Selain tak bisa membuka Gmail versi standar, para pengguna Windows XP dan Vista yang mentok pada Chrome versi 49 juga bakalan tidak lagi memperoleh update keamanan untuk peramban tersebut sehingga meningkatkan risiko serangan cyber.
SHARE ARTIKEL