Islam Menganjurkan Kita Tidur Lebih Awal, Ternyata ini Alasan Secara Medis

Komentar


Tidur adalah istirahat yang paling baik. Tidur juga merupakan sebuah proses peristirahatan seluruh tubuh yang lelah setelah beraktivitas dan mengeluarkan banyak tenaga. Namun, kebanyakan orang merelakan waktu tidur mereka untuk menyelesaikan pekerjaan, bergadang, dan sebagainya. Sehingga tidur menjadi lebih larut dan intensitasnya pun semakin berkurang.

Dikutip dari islampos, bahkan Umar bin Khattab ra. selalu mengutamakan tidur lebih awal dan menghindari tidur larut malam.



Diriwayatkan dari Ibnu Rafi’, ia mengatakan: “Umar bin Khattab pernah menggiring orang-orang setelah agak malam agar cepat pulang ke rumahnya dan berkata: ‘Berdirilah (dari tempat dudukmu untuk segera tidur), semoga Allah memberikan anugerah kepadamu semua dapat mengerjakan Shalat Malam. (al-Maqrizi, Mukhtashar Qiyam al-Lail).



Ternyata ada hikmah di balik waktu tidur lebih awal, bahkan bisa memengaruhi kesehatan. Mengutip fakta kesehatan, ini beberapa keutamaan tidur lebih awal:

1. Menjaga ‘jam tubuh’

Semua manusia memiliki ‘jam tubuh’, khususnya wanita, yang berguna untuk mengontrol fungsi tubuh kita. Dengan tidur lebih awal dan waktu yang panjang akan membantu ‘jam tubuh’ untuk berfungsi dengan baik.

2. Pulihkan kondisi tubuh

Tubuh kita bisa pulih dari rasa kelelahan saat malam hari. Oleh karena itu, tidur lebih awal secara rutin agar tubuh bisa lebih tenang dan pulih secara optimal.

Baca Juga:

3. Memengaruhi berat badan

Menurut beberapa studi, tidur terlalu lama atau sebentar bisa memengaruhi penurunan berat badan. Tidur dan bangun lebih awal merupakan cara ideal untuk mendukung tujuan yang ingin menurunkan berat badan. Menurut para ahli, mereka yang tidur tidak teratur akan kesulitan untuk menurunkan berat badan.

4. Kurangi stress

Selalu merasa stress atau lelah? Ya, hal ini terjadi karena tidak tidur dengan baik. Anda akan bangun dengan tubuh yang lebih segar hanya dengan tidur lebih awal.

5. Pengaruhi kesehatan mental

Kita tahu betapa pentingnya kondisi mental yang sehat. Oleh karena itu, cobalah tidur lebih awal untuk menghindari rasa depresi, mudah lupa, dan perasaan tak karuan.
Top