Inilah Manfaatnya Pada Tubuh Manusia Di Setiap Gerakan Shalat yang Sempurna



Umat muslim diperintahkan untuk menjalankan sholat wajib sebanyak 5 waktu dalam satu hari. Dari total waktu tersebut, seorang muslim diharuskan mengerjakan sebanyak 17 rakaat sholat. Sehingga hal tersebut mengharuskan seseorang untuk melakukan 17 gerakan sholat setiap harinya.


Sehingga dalam waktu satu hari saja seorang muslim bisa menggerakkan tubuh mereka sesuai dengan gerakan sholat sebanyak lebih dari 17 kali.


Hal tersebut sebetulnya memberikan banyak keuntungan bagi umat muslim. Sebab, menurut berbagai penelitian ilmiah, secara mengejutkan gerakan sholat merupakan gerakan gerakan yang memberikan pengaruh positif pada sisi kesehatan manusia. Sehingga rajin mengerjakan sholat berarti memberikan dampak positif pada kesehatan tubuh.



1. Dimulai dari gerakan taqbiratul ikhram.


Gerakan iki diawali dengan berdiri tegak, lalu mengangkat kedua tangan hingga sejajar dengan telinga, kemudian melipatnya di depan dada bagian bawah.


Gerakan ini bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, getah bening (limfe), serta kekuatan otot lengan. Selain itu, gerakan ini juga memungkinkan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh sebab saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar.



2. Dilanjutkan dengan gerakan ruku’.

Yaitu gerakan yang dilakukan dengan cara membungkukkan badan dengan cara menggunakan tangan sebagai tatakan pada lutut secara lurus. Ruku’ yang sempurna dilakukan dengan cara membuat posisi punggung sangat lurus, sehingga jika seseorang meletakkan gelas berisi air, maka air tersebut tidak akan tumpah.



Manfaat gerakan ini adalah menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Posisi jantung juga akan sejajar dengan otak, sehingga dapat membuat aliran darahmaksimal pada tubuh bagian tengah.


BACA JUGA: Subhanallah, Azab Spesial dari Allah Bagi yang Melakukan Dosa-dosa Ini

3. Gerakan i’tidal


Dilakukan disetiap kali menjalankan sholat juga tak ketinggalan memberikan manfaatnya, gerakan ini merupakan latihan pencernaan yang sangat baik. Organ organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Akhirnya, gerakan tersebut sangat berdampak positif pada proses pencernaan yang lebih lancar.

4. Lalu gerakan sujud 


Bermanfaat untuk membuat aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak, gerakan tersebut menyebbabkan posisi janting berada di atas otak sehingga membuat darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke bagian otak.


5. Gerakan duduk diantara sujud 


Bermanfaat untuk menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitaannya tak mampu berjalan, hal tersebut dikarenakan oleh posisi telapak kaki yang mendorong dasar lantai atau tempat sholat.

BACA JUGA: Hindari 10 Dandanan yang Dilaknat Oleha Allah Untuk Wanita Muslim

Demikianlah manfaat gerakan sholat yang luar biasa, maka dari itu mengerjakan sholat merupakan hal yang sangat penting, sebab selain merupakan perintah agama, juga memberikan dampak positif pada kesehatan.
Top