Inilah Jenis Kelamin Ke3 yang Gegerkan Norwegia

Komentar
Seperti yang kita tahu, ada 2 jenis kelamin pada manusia. Kalau gak laki-laki ya perempuan. Tapi bagaimana dengan jenis kelamin ketiga? Seperti yang sedang dipertimbangkan di Norwegia.



BACA JUGA: Telinga Sakit Usai Berenang, Remaja Histeris Setelah Tahu Ini

Dikutip dari sindonews, partai buruh di Norwegia sedang mempertimbangkan memperkenalkan jenis kelamin ketiga untuk paspor dan dokumen lainnya. Jenis kelamin ketiga itu diperuntukkan untuk mereka yang tidak bisa diidentifikasi jenis kelaminnya.

Sayap pemuda partai itu menyatakan ingin kategori baru, hen, dibuat untuk mereka yang tidak bisa diidentifikasi sebagai laki-laki (han) atau perempuan (hun). Partai Buruh, yang merupakan partai terbesar di parlemen Norwegia, sebelumnya mengatakan akan mempertimbangkan langkah itu dalam rancangan surat program partai 2017-2021 seperti dikutip dari Independent, Rabu (8/2/2017).

Pemimpin partai, Manu Hussaini mengatakan jika Norwegia harus mampu mengidentifikasi apapun yang mereka inginkan. "Saya percaya bahwa semua orang harus diperbolehkan untuk menjalani identitas mereka," katanya.

"Undang-undang harus beradaptasi dengan realitas daripada sebaliknya," imbuhnya dalam sebuah wawancara dengan lembaga penyiaran milik negara, NRK.

Ia menambahkan kategori baru akan memungkinkan mereka yang tidak teridentifikasi dengan biner gender untuk hidup secara lebih terbuka. “Orang-orang yang tidak mendefinisikan diri mereka sebagai laki-laki atau perempuan sekarang akan memiliki kesempatan hukum untuk mendapatkan jenis kelamin ketiga," katanya.

Pada April lalu, Negara tetangga Norwegia, Swedia pernah menggunakan istilah Hen. Namn sejatinya istilah itu sudah pernah digunakan di Swedia sejak tahun 1996. Pada tahun 2016, usaha untuk mengenalkan kategori jenis kelamin ketiga secara resmi di Norwegia oleh partai sosial-liberal Venstre gagal untuk mendapatkan cukup daya tari.

Usulan tersebut hanya mendapat dukungan dari Partai Hijau dan Sosialis Kiri. Bagaimana menurutmu?
Top