Ini yang Terjadi Ketika Seseorang Rajin Menunda Kebaikan!

Penulis Unknown | Ditayangkan 01 Feb 2017

Ini yang Terjadi Ketika Seseorang Rajin Menunda Kebaikan!

Sebagai umat manusia, sudah seharusnya kita memperbanyak kebaikan untuk mendapatkan pahala yang banyak pula. Oleh karena itulah setiap orang dianjurkan untuk memulai sebuah kebaikan dari ia bangun ketika fajar menyingsing hingga malam menjelang, serta semua itu dilakukan hanya untuk mendapatkan ridha Allah SWT.

Baca juga : "Mau Minum?" Ketika Kecewa Berbalut Bangga Menjadi Akhir Kisah Pria Ini!

Akan tetapi, di zaman sekarang ini, entah karena kesibukan ataupun rasa malas yang menyergap. Kebaikan akhirnya dikorbankan dengan dalih belum mampu melaksanakan ataupun masih dirasa harus melakukan hal lain sebelum menjemput kebaikan tersebut.

Ah nanti, kalo dapet rezeki lebih mau sedekah.” “Ah nanti, kalo sempet mau tadarus Al Quran 1 juz.” “Ah, nanti.” Dan berapa lagi ‘nanti-nanti’ lainnya yang seringkali terucap. Tahukah kamu, jika menunda kebaikan itu adalah strategi Iblis dalam mensukseskan misinya?

Berbuat kebaikan bahkan sebelum dilakukan, memang sudah dicatat sebuah kebaikan. Dalam hadits qudsi, dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

Sesungguhnya Allah mencatat berbagai kejelekan dan kebaikan lalu Dia menjelaskannya. Barangsiapa yang bertekad untuk melakukan kebaikan lantas tidak bisa terlaksana, maka Allah catat baginya satu kebaikan yang sempurna. Jika ia bertekad lantas bisa ia penuhi dengan melakukannya, maka Allah mencatat baginya 10 kebaikan hingga 700 kali lipatnya sampai lipatan yang banyak.” (HR. Bukhari no. 6491 dan Muslim no. 130)

Namun, meskipun sudah dicatat sebuah kebaikan, terkadang kita malah jadi sering menunda-nunda berbuat baik. “Ah, nanti saja.”

Ketahuilah, menunda-nunda kebaikan itu merupakan salah satu strategi Iblis dalam melancarkan misinya. Itulah penyakit At Taswif (menunda-nunda melakukan kebaikan)

Ini yang Terjadi Ketika Seseorang Rajin Menunda Kebaikan!

Baca juga : Ketahui, Supaya Ibadah Tak Hanya Disandingkan dengan Hiburan!

Abu Al Jald rahimahullah berkata: “Aku mendapati bahwa at taswif (menunda-munda kebaikan) adalah salah satu dari tentara Iblis, ia telah membinasakan banyak makhluk-makhluk Allah.” Lihat kitab Hilyat Al Awliya’ wa Thabaqat Al Ashfiya’, 6/54.

Jangan sampai kita menjadi menyesal gegara sering menunda berbuat baik. Cermati firman Allah berikut.

dan pada hari itu diperlihatkan neraka Jahanam, pada hari itu sadarlah manusia, tetapi tidak berguna lagi baginya kesadaran itu.

Dia berkata, “Alangkah baiknya sekiranya dahulu aku mengerjakan (kebajikan) untuk hidupku ini.” QS Al Fajr 23-24.
SHARE ARTIKEL