Ini Wajah Mobil Pedesaan yang Dijual Rp 60 Juta


Mobil pedesaan

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah merampungkan purwarupa (prototipe) mobil pedesaan. Rencananya kendaraan ‎itu dijual Rp 60 juta per unit.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih terus menyempurnakan desain mobil pedesaan tersebut. Namun, ia menargetkan ‎kendaraan ini bisa diperkenalkan kepada publik pada Agustus 2017.


Menperin Airlangga Hartarto

"Mobil pedesaan kami sedang kami buat prototipenya. Nanti Agustus kita mau launching," ujar dia di Kantor Kemenperin, Jakarta, Jumat (3/2/2017) lansir liputan6.com.

Sebelumnya, D‎irektur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, mobil pedesaan ini akan dijadikan pengganti dari kendaraan angkut pertanian seperti grandong. Namun grandong ini biasanya dibuat sendiri oleh petani dan tidak memenuhi standar keamanan.

Baca Juga: Pria ini Bakar Mobilnya, Karena Tak Terima Diderek Dishub. Begini Kronologinya
‎‎
"Untuk menggantikan grandong. Grandong itu kan alat pertanian tapi karena punya mesin itu disambung ke roda," ungkap dia.‎


Mobil pedesaan

Lantaran ingin menyediakan kendaraan alat angkut yang aman bagi petani, Kemenperin membuat purwarupa mobil pedesaan yang nantinya akan diproduksi secara komersial.

"Negara bikin maju perihatin banget petaninya masih gitu. Karena keprihatinan kami dengan Kemenperin buat prototipe kendaraan pedesaan. Kemudian mereka jadi punya pilihan. Kalau grandong kita larang, nah pakai inilah," kata dia.
Top