Diwarnai Hingga Cantik, Bendungan Ini Jadi Spot Foto yang Unik

Spot foto keren sangat dicari di kalangan remaja saat ini. Apalagi bagi mereka yang hobi banget main kamera atau berselfie ria. Begitu juga yang dilakukan Dinas PU Pengarian Kabupaten Banyuwangi terhadap bendungan satu ini.



BACA JUGA: Duh! Password Medsos Juga Diminta Untuk Proses Urus Visa di AS

Bendungan atau dam di beberapa titik di kabupaten Banyuwangi menjadi kawasan wisata baru. Renovasi yang dilakukan tidak hanya mengembalikan fungsi bendungan, tapi juga menarik perhatian masyarakat.

Dikutip dari merdeka, "Selama ini bendungan hanya digunakan warga untuk mengairi sawah. Padahal bendungan bisa dimanfaatkan sebagai tempat wisata yang mengangkat ekonomi warga," kata Koordinator Eksploitasi Air Irigasi, Soemaili saat ditemui di area bendungan Gembleng Kiri, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, Kamis (9/2).

Sebelum disulap menjadi kawasan wisata, area sekitar bendungan Gembleng Kiri sering dimanfaatkan oleh pasangan muda-mudi untuk berbuat asusila. "Kemarin ini saya sampai panggil kapolres untuk tangkap pasangan mesum," kata dia.



Sebelumnya, bendungan itu dirusak oleh oknum yang memanfaatkan sepinya lokasi bendungan. Maka dari itu, muncullah tindakan mempercantik bendungan disana. Alhasil, kini benungan itu dihiasi dengan warna-warna cantik. kesan yang dulunya tampak kumuh, kini menjadi sangat cantik. Untuk menambah kesan nyaman, dibangunlah dua pondok yang juga berfungsi sebagai cafetaria warga sekitar.

Menurut Petugas Pintu Air Bendungan Gembleng Kiri, Abu Bakar, walau pembangunan wisata area bendungan belum seratus persen rampung. Sudah banyak warga yang datang untuk sekadar menghabiskan waktu menikmati gemiricik air di bendungan tersebut. "Padahal baru dibangun dua bulan tapi respons masyarakat positif dengan adanya bendungan ini," kata dia.



Selama bekerja sebagai petugas, baru kali ini pemerintah memperhatikan keindahan bendungan dan disulap sebagai ikon wisata baru di desa mereka. "Kalau dari dulu yang dibahas hanya masalah bendungan air yang kering, sekarang bagaimana membuat bendungan ini menarik sebagai tempat wisata baru," ujar Abu Bakar.

Keren banget ya.. Semoga rencana ini sukses dan dijaga dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat Indonesia. Tertarik untuk mengunjunginya?
Top