Cek Galon Airmu Sekarang! Jika Terlambat Bisa Fatal Lho, Ini Alasannya


Menjadikan para ibu rumah tangga lebih mudah dalam menyediakan pasokan air minum tanpa harus merebusnya terlebih dahulu, galon air minum seakan telah menjadi budaya baik yang ada di tengah masyarakat saat ini. Lebih efisien dan cepat menjadi faktor utama kenapa banyak sekali yang beralih pada galon air ketimbang merebusnya sendiri.

Namun, untuk saat ini lebih berhati-hati kembali dalam membeli serta menggunakan galon air minum. Baru-baru ini dalam sebuah laman menyatakan bahwa galon yang digunakan bukanlah galon yang tepat untuk pengisian ulang dan harus digunakan dalam sekali pakai.

Baca juga : Tubuh Kurus Tapi Banyak Lemak? No, Simak Tandanya!

Perlu diketahui bahwa secara internasional telah diatur kode untuk kemasan plastik, yang mungkin bagi kita sangat perlu untuk diketahui, karena tanda tersebut berkaitan dengan jenis bahan serta cara dan dampak pemanfaatannya bagi manusia. Kode ini dikeluarkan oleh The Society of Plastic Industry pada tahun 1988 di Amerika Serikat dan diadopsi pula oleh lembaga-lembaga yang mengembangkan sistem kode, seperti ISO (International Organization for Standardization).

Secara umum tanda tersebut berada di dasar, berbentuk segi tiga, dan di dalam segitiga akan terdapat angka, serta nama jenis plastik di bawah segitiga. Nah, plastik yang berjenis PET/PETE ini sesungguhnya direkomendasikan hanya sekali pakai, kenapa? Bila terlalu sering dipakai, apalagi digunakan untuk menyimpan air hangat apalagi panas, akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker) dalam jangka panjang.

Semestinya segera ganti botol/galon yang sudah lama atau terlihat baret-baret. Jika kita ingat iklan di televisi mengenai air minum mineral yang setelah diminum kemudian diremas-remas / di remukkan kemudian dibuang di tempat sampah, hal tersebut merupakan contoh sebuah pendidikan dan perlindungan konsumen akan dampak-dampak negatif dari botol plastik tersebut.

Baca juga : Sehat Tak Perlu Mahal, Jaga dengan Memaafkan! Kok Bisa?

Salah satu yang menjadi bahaya saat ini adalah penggunaan botol sekali pakai yang diperuntukkan untuk isi ulang dan banyak sekali masyarakat yang tidak tahu atau kecolongan. Tanda yang umum adalah adanya peringatan untuk mengembalikan galon air minum agar bisa diisi ulang. Namun tanda tersebut entah benar atau tidak karena biasanya tak dibarengi dengan tanda lain yang mencantumkan tipe plastik. Supaya lebih aman lagi, berikut beberapa tanda kode yang menunjukkan kualitas galon air minum yang aman sesuai dengan standar BPOM. Simak selengkapnya berikut ini.


Mulai sekarang jangan sampai kecolongan ya. Teliti dengan baik apakah kode yang tepat untuk galon air di rumah. Bukan hanya kemasa galon saja, namun juga wadah makanan dan minuman lain agar kesehatan lebih terjaga dan kita mengerti akan guna serta dampak wadah plastik untuk kehidupan kita.
loading...
Top