Cara Mudah Menyimpan Barang di Apartemen Sempit

Komentar


Tinggal di apartemen kini bukan hanya bagian dari gaya hidup bagi warga perkotaan, tapi juga merupakan pilihan yang paling masuk akal.

Selain akses yang lebih cepat menuju tempat beraktivitas sehari-hari, luas bangunan yang ringkas juga dapat menghemat biaya perawatan.

Sayangnya, tidak semua orang mahir menata benda dengan rapi di unit apartemen yang identik dengan ruangan sempit.

Apalagi bagi mereka yang sebelumnya terbiasa tinggal di rumah tapak. Tentu tidak mudah mengurangi barang dan perabot yang digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Namun bagaimana jika Anda terpaksa harus tinggal di apartemen tipe studio atau satu kamar tidur dengan luas bangunan hanya 21 meter persegi sampai 35 meter persegi? Agar ruangannya tetap rapi, simak beberapa tips berikut ini

Persiapkan Kotak Serbaguna

Tinggal di ruangan yang sempit membuat Anda harus lebih kreatif mencari tempat penyimpanan. Salah satunya bisa dengan kotak serbaguna yang tersedia dalam ragam bentuk dan desain.

Kotak penyimpanan dari material yang kokoh seperti kayu atau besi bisa berfungsi pula sebagai tempat duduk atau meja kopi.

Gunakan Furnitur untuk Area Dapur

Jika Anda memerlukan laci ekstra untuk menyimpan peralatan memasak di dapur apartemen yang sempit, Anda bisa memanfaatkan lemari atau laci lain.

BACA JUGA : 5 Langkah Rawat Furnitur Kayu Jati Anda Lebih Bagus dan Tahan Lama

Buat kitchen set atau lemari penyimpanan kompak yang disesuaikan ukurannya dengan apartemen Anda. Sehingga Anda tak perlu lagi membeli lemari dan beberapa laci yang bentuknya tidak senada.

Rak yang Mudah Dipindahkan

Kini tersedia banyak jenis rak gantung maupun rak sender yang bisa dipindahkan dengan mudah tanpa harus memaku dinding. Rak pada bagian atas juga bisa berfungsi ganda sebagai meja meletakkan bingkai foto atau lampu tidur.

Dengan demikian Anda bisa lebih fleksibel menata ulang ruangan sesuai dengan keinginan.

Manfaatkan Setiap Sisa Ruangan yang Tersedia

Setiap inci sisa ruangan merupakan area yang sempurna untuk menyimpan barang. Begitu pula dengan bagian bawah sofa.

Sofa dengan kaki-kaki yang ketinggiannya sekitar 3 sampai 5 cm bisa menjadi “lorong rahasia” untuk menyimpan benda yang tidak digunakan.

Begitu pula untuk bagian belakang sofa. Yakinlah, tidak banyak orang yang akan menyadari selipan benda dibelakangnya.

Miliki Banyak Laci

Untuk apartemen kecil, meletakkan sebuah lampu tidur saja bisa menjadi tugas yang menyulitkan. Dengan demikian Anda harus memiliki banyak laci di sudut rumah untuk menjadi “tempat rahasia” menyimpan benda-benda kecil.

Selain membuat rumah nampak lebih bersih, tempat untuk benda kecil yang berserakan juga memudahkan tugas bersih-bersih Anda pada area meja dan nakas.
Top