Cara Cepat Kembali Tidur Lelap Setelah Terbangun Tengah Malam



Saat tidur tiba-tiba kita terbangun tengah malam. Kesel nggak sih? Nah, untuk kembali tidur bagi sebagian orang, adalah hal yang sulit. Namun, tiga cara ini bisa membuat Anda kembali tidur dengan cepat.

Terbangun di tengah malam dan sulit untuk tidur kembali berpotensi membuat kualitas tidur Anda menurun. Terlebih bila Anda merupakan tipe orang yang memang sulit untuk memejamkan mata setelah terbangun dari tidur.

Bahkan, kurang tidur telah dikaitkan dengan banyak risiko, seperti ketidakmampuan untuk fokus, potensi kecelakaan berkendara akibat kantuk, hingga emosi yang tak terkendali.

Berita baiknya, ahli tidur memberikan beberapa tip yang bisa Anda coba agar tak terlalu lama terjaga di tengah malam. Berikut tiga cara cepat tersebut dikutip dari Kompas.com.

Tetap berada di tempat tidur



Pakar tidur Dr Michael Breus, penulis buku The Power of When, mengungkapkan bahwa kunci tidur cepat ialah tetap berada di tempat tidur, tepatnya di bawah selimut Anda, walau mata terasa tak mengantuk.

Meski Anda tergoda untuk mengosongkan kandung kemih, bila tidak benar-benar penuh, tetap di tempat tidur adalah pilihan tepat.

Sebab, jika Anda meninggalkan tempat tidur dan bergerak, denyut jantung menjadi meningkat, karena harus memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh. Padahal, denyut jantung rendah adalah kunci utama tidur cepat.

Jangan melihat jam



Dr Breus mengatakan, bila Anda meletakkan jam di kamar tidur, letakkan jam di tempat yang sedikit sulit untuk dilihat, seperti di meja sisi. Sehingga, saat Anda terbangun di tengah malam, Anda bisa memutuskan untuk tidak melihat jam sama sekali.

Baca Juga: Mandi Terlalu Sering Malah Tak Baik Lho. Ini Akibatnya

Sebab, kebiasaan melihat jam saat terbangun tengah malam dapat membuat otak waspada, karena waktu semakin mendekati pagi. Baiknya, agar pikiran tenang tidurlah kembali, dan biarkan alarm yang mengerjakan tugasnya untuk membangunkan Anda tepat waktu.

Ambil napas dalam sebanyak 3 kali



Pakar tidur US Dr Andrew Weil mengatakan, bernapas dalam dapat membantu Anda tertidur dalam waktu kurang dari satu menit.

Teknik ini membantu untuk menenangkan pikiran dan mengendurkan otot-otot dengan memungkinkan tubuh mengambil lebih banyak oksigen, sistem saraf menjadi lebih santai, dan mempromosikan keadaan tenang.
Top