Buat Pernikahan Hemat Namun Nyaris Sempurna dalam Waktu 3 Bulan Saja



Menikah sejatinya adalah hal yang mudah dan jauh dari kata ribet. Namun karena kamu hidup di Indonesia dan biasanya orang tua kita punya banyak kerabat dan kolega, ada rasa nggak enak dan sepertinya kurang pas kalau tidak mengadakan acara resepsi yang pantas. Salah satu alasannya adalah sebagai bentuk rasa syukur dan bahagia atas pernikahan yang digelar. Melakukan resepsi tentu sangat sah-sah saja, toh di acara tersebut kita jadi bisa saling bersilaturahmi dengan keluarga dan sahabat, akan penuh dengan canda tawa, doa yang juga mengalir dari para tamu undangan yang hadir, serta hadiah dan amplop yang juga sudah pasti didapat.

Tapi, untuk mendapatkan resepsi pernikahan yang sempurna, ada beberapa hal yang memang harus dipersiapkan secara matang. Kalau waktu yang kamu punya hanya sekitar 3 bulan dengan biaya yang nggak terlalu besar, Dilansir Hipwee Wedding berikut panduan untuk mempersiapkan pernikahanmu dengan sempurna meski dengan waktu singkat dan biaya yang hemat. Catat baik-baik ya!

1. Setelah tanggal ditentukan, hal paling awal yang harus kamu lakukan adalah daftar ke KUA. Jangan sampai ada berkas yang terlewat ya!


Berkas untuk daftar di KUA via www.arrahman.id

Setelah menentukan tanggal berapa pernikahan digelar, hal pertama yang dilakukan adalah mendaftarkan pernikahan ke KUA. Kamu harus persiapkan semua berkas-berkas yang wajib disertakan dengan baik. Jangan sampai ada yang terlewat ya.

2. Tentukan jumlah undangan. Meski kelihatannya sepele, ini penting lho!


Ngundang siapa aja nih? via masterpoker-99.blogspot.co.id

Baca Juga: Di Indonesia, 10 Profesi ini Bikin Cowok Nggak Bisa Ditolak Calon Mertua

“Siapa aja nih yang bakalan kita undang?”

“Santai aja, pikirin belakangan deh!’

Please, jangan sampai begitu. Daftar undangan adalah hal yang harus disiapkan sejak awal. Dari situ, kita jadi tahu akan ada berapa orang yang datang. Hal ini akan berdampak pada lokasi resepsi (kapasitas gedung), pesan jumlah undangan, suvenir dan juga catering. Nah, untuk meminimalisir budget, nggak perlu lah mengundang semua kolega. Cukup undang yang dekat-dekat saja.

3. Selanjutnya, tentukan lokasi pernikahan. Agar kantong selamat, cari lokasi hemat. Rumah bisa juga jadi solusi, lho!


Buka tenda di rumah via artimimpi-ku.com

Lokasi pernikahan juga jadi faktor penting yang masuk ke daftar persiapan pernikahan. Lakukan pemilihan tempat ini jauh-jauh hari, apalagi kalau kamu berniat mencari lokasi pernikahan di gedung. Takutnya kalau terlalu mepet, gedung yang kamu idam-idamkan sudah keburu dipesan orang lain.

Tapi, untuk menyelamatkan budget, nggak ada salahnya menjadikan rumah sebagai tempat dilangsungkannya acara pernikahan. Kalau pilihan ini yang kamu ambil, jangan lupa untuk sewa tenda, kursi, meja dan juga sound system sebagai pelengkap acara resepsi di rumah. Meski kelihatannya jadi lebih banyak yang disewa, tapi menyelenggarakan acara di rumah tetap jauh lebih hemat daripada sewa gedung. Percaya, deh!

Baca Juga: Bunda, Jangan Tinggalkan Anakmu di Rumah demi Mengejar Karir

4. Karena undangan pada akhir riwayatnya selesai di tempat sampah, pesan saja yang low budget. Tapi tetap mengindahkan desainnya ya


undangan yang simpel-simpel aja via membuatcara.com

Setelah tanggal dan lokasi sudah fix, undangan adalah hal selanjutnya yang perlu kamu urus. Yap, undangan termasuk yang harus dipesan di awal-awal kamu mempersiapkan pernikahan, karena biasanya butuh waktu paling cepat 2 minggu sampai undangan tersebut benar-benar jadi. Lagi-lagi agar budget pernikahanmu nggak membengkak, pilihlah jenis undangan yang simpel menarik dan terjangkau. Karena bagaimanapun juga, ujung-ujungnya undangan akan berakhir di tong sampah.

5. Kunci memilih suvenir; bermanfaat dan murah. Cukup itu saja yang jadi acuanmu


Souvenir yg punya banyak manfaat via www.huwik.com

Suvenir makin kesini makin beragam, mulai dari tote bag sampai ke tanaman hias berukuran kecil. Nah, karena hemat menjadi patokanmu dalam menyelenggarkan resepsi pernikahan, pilih suvenir yang murah tapi mengandung banyak manfaat. Kalau pesannya banyak, jangan lupa minta diskon sama penjualnya, siapa tahu bisa dapet. Pertimbangkan beberapa pilihan suvenir yang diinginkan. Kamu bisa meminta pendapat dari mama atau kakakmu soal hal ini.

6. Yang harus kamu siapkan baik-baik adalah catering. Agar budgetmu tetap stabil, nggak harus pesan banyak makanan, yang penting cita rasa!


Pilihan menu catering via www.muliacatering.com

Orang biasanya menilai sukses atau tidaknya sebuah acara resepsi pernikahan dari cateringnya. Bukan dari banyak tidaknya makanan yang disajikan, tapi dari rasanya. Jadi, kamu nggak harus memesan banyak makanan, tapi pilih vendor catering yang sudah nggak diragukan lagi cita rasanya.

7. Memesan perias, baju pengantin dan keluarga, serta dekorasi dalam satu paket vendor. Ini akan menekan budget agar lebih irit


Didandanin siapa yaa via humas.patikab.go.id

Make up artist atau perias juga nggak boleh asal pilih. Dia yang akan jadi kunci dari penampilanmu nanti. Biasanya, perias juga menyediakan paket baju pengantin dan keluarga serta dekorasi pernikahan. Ambil paket tersebut karena akan menekan budget menjadi jauh lebih irit.

8. MC, hiburan dan fotografer juga jadi faktor penting dalam resepsimu kelak. Biar dapat murah, bolehlah kalau pakai jasa teman yang memang berkecimpung di bidang tersebut


band pengiring via thebridedept.com

Bukan berarti dibayar seenaknya karena pakai jasa teman, tapi kalau dengan kenalan sendiri biasanya harga bisa sedikit dinego. Selain itu, saat persiapan maupun pelaksanaan, baik dari kamu sendiri maupun pihak keluarga akan lebih mudah berkomunikasi dengan mereka karena sudah menjadi kenalan baik.

Beberapa hal di atas bisa jadi panduan untukmu yang mempunyai waktu singkat dan budget hemat dalam mempersiapkan pernikahan. Pesta dan acara yang meriah memang impian semua orang, tapi bukan disitu letak sakralnya. Karena setelah resepsi, kehidupanmu yang sebenarnya justru baru dimulai. Jadi, meski sederhana, yang penting maknanya. Setuju, ‘kan?
loading...
Top