Bersedekah Jadi Hal Berat? Lebah Akan Ajarkan Anda Betapa Murahnya Bersedekah Untuk Makhluk Lain



Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan lebah, hewan kecil yang identik dengan warna hitam kuning penghasil madu ini bahkan sudah banyak ditangkarkan untuk diambil madunya. Melalui lebah, kita dapat belajar banyak hal, terutama sedekah.

"Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah untuk menjadikan gunung, pepohonan, dan tempat tinggal sebagai tempat bersarang." (QS. An-Nahl 16:68)

Meskipun kecil, lebah dapat menghasilkan madu yang sangat banyak. Mereka bekerja keras dalam satu kelompok tersebut untuk dapat menghasilkan banyak madu. Namun tak hanya itu, ternyata lebah hanya mengambil sedikit dari madu yang mereka hasilkan.

Dari 100% madu yang dihasilkan, hanya 10% yang mereka konsumsi sendiri. Sisanya 90% dikonsumsi oleh makhluk lain, termasuk juga manusia.

Ibarat seorang pekerja yang bekerja keras banting tulang dengan banyaknya penghasilan yang ia dapatkan, namun sebesar 90% gaji ia berikan pada orang lain dan ia hanya menikmati 10%-nya saja.

Mampukah orang atau kita sendiri melakukan hal tersebut? Mungkin akan sangat susah atau bahkan tidak mampu, bukan? Tapi lebah dapat melakukannya!

Memang sulit menyisihkan sebagian besar gaji kita untuk orang lain, tapi belajar dari lebah yang dapat melakukannya, kita juga harus ikhlas ketika bersedekah. Sebagai awalan kita bisa menyisihkan sedikit uang kita untuk orang lain yang membutuhkan, lama kelamaan jumlah yang kita sedekahkan akan bertambah.

Jika kita sebagai manusia hidup berbagi dengan orang lain secara ikhlas, tentu kita akan lebih bahagia, sehat, dan tentunya lebih kaya dengan bersedekah.

Wallahu a'lam bishawab.
loading...
Top
loading...