Baca Alhamdulillah Setelah Bersin. Subhanallah Sebabnya....

Allah SWT dan Rasul-Nya memerintahkan umat manusia untuk mengcapkan hamdallah (Alhamdulillah) sesaat setelah bersin. Namun kenapa demikian? Apakah bersin juga merupakan nikmat dari Allah, sehingga kita dianjurkan untuk membaca hamdallah?



BACA JUGA: Berdasarkan Pada Usia, Berapa ya Takaran Tidur yang Baik Bagi Seseorang?

Dikutip dari inspiradata, bersin, menandakan pertahanan tubuh kita masih normal. Sebab bersin merupakan suatu mekanisme tubuh untuk mencegah benda asing masuk ke dalam tubuh.

Dalam Islam, bersin memiliki kedudukan tersendiri. Ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Apabila seorang di antara kalian bersin maka ucapkanlah Alhamdulillah, dan hendaklah orang yang mendengarnya menjawab dengan yarhamukallah, dan bila dijawab demikian maka balaslah dengan ucapan yahdikumullah wa yuslihubaalakum,” (HR. Bukhari).

Terus kenapa harus membaca hamdallah? Yang pasti adalah untuk bersyukur kepada Allah SWT karena masih diberi kesehatan dan tubuh yang normal. Bersin dapat membersihkan hidung dari bakteri, kuman dan benda berbahaya lain.

Kedua, berdasarkan hasil penelitian, pada saat kita bersin jantung kita berhenti sekitar nol koma sekian detik. Pernahkah kita membayangkan jantung kita berhenti berdenyut untuk selamanya? Nah, pada kondisi bersin ini kita diingatkan Allah atas salah satu nikmat-Nya berupa fungsi jantung yang baik.

Jantung merupakan organ tubuh yang bekerja secara tidak sadar. Pernahkah kita menghitung berapa kali denyutan jantung memompa darah dalam setiap hari? Kita jarang mengingat dan bersyukur pada Allah bahwasanya kita memiliki jantung sebagai organ yang sangat vital dalam tubuh ini.

Jadi, mengucap hamdallah saat bersin adalah bagian dari rasa syukur kita kepada Allah karena Allah masih mengkaruniakan kita kesehatan atas sistem pertahanan tubuh dan fungsi jantung yang normal.

Sudah tahu kan? Jika kita bersin, jangan lupa ucapkan hamdallah ya..
loading...
Top