Apa Jadinya Jika Setan "Seret"? Simak Alasannya Disini!


Dalam sebuah laman sempat dituliskan, dimana seseorang tengah mewawancarai hafidz kembar tiga Hannan, Mannan dan Ihsan yang sudah pastinya tak asing lagi di layar kaca negara kita. Dalam kesempatan tersebut, tiga hafidz yang serupa tersebut tiba-tiba mengusulkan sebuah cerita. Agaknya membuat orang-orang yang bersamanya merespon dengan seksama. Kemudian dia pun memulai ceritanya.

Baca juga : Sering Dilupakan, Kamu yang Suka Nge-Trip Wajib Tahu Doa Ini!

Ternyata cerita yang ia ingin utarakan adalah perihal tentang seorang pemuda yang sedang menyantap makanannya, serta seseorang lagi yang mengingatkan pemuda tadi untuk berdoa terlebih dahulu sebelum makan karena agar terhindar dari godaan syetan yang akan ikut makan bersamanya jika tak memanjatkan doa terlebih dahulu. Simak cerita selengkapnya.

Saya punya cerita,” kata si bungsu Ihsan. Dengan gaya khas ala Ustadz Yusuf Mansur ia mulai bercerita.

Ada dua orang pemuda, satu pemuda yang lagi makan sebut saja Fulan B, yang jadi pengingat Fulan A.

Kalau makan baca bismillah atuh.” nasihat Fulan A.

Udah tahu,” jawab Fulan B masa bodoh.

Tapi kok tidak kamu lakukan?” Fulan A keheranan.

Yang ditanya tidak menjawab, namun terus makan saja. Namun ketiga giliran minum, Fulan B malah baca bismillah.

Kamu makan nggak baca bismillah, minum kok baca bismillah?” tanya Fulan A, heran jilid 2.

Tahu nggak, Mas. Apa jawaban Fulan B?” tanya Ihsan.

Dalam Islam, membaca bismillah ketika sedang memulai aktivitas itu merupakan hal penting. Sebab kenapa? Bismillah memiliki dua makna:

1. Sebagai Kalimat “Izin”


Bismillah bukan sebagai penukar kenikmatan, contohnya makan nasi dengan membaca bismillah akan sama nikmatnya dengan makan nasi tanpa membaca bismillah, tapi bismillah merupakan kalimat izin bagi Hamba Allah yang merasa hidupnya hanya sekadar nebeng, karena sesungguhnya semua yang ada di atas dunia ini milik Allah dan manusia diberi kenikmatan untuk memakai fasilitas Allah tsb.


Baca juga : Angin Ribut Datang Bukan Tentang Bencana, Kenali Makna Dibaliknya dengan Doa Ini!

2. Sebagai Kalimat “Pengakuan Otoritas”


Yaitu pengakuan otoritas bagi hamba Allah yang menyadari bahwa sesungguhnya yang memiliki wewenang /otoritas hanyalah Allah. Manusia hanya sebagai wakil Allah di muka bumi ini, bukan sebagai penguasa. Bila seorang mengucapkan bismillah ia telah menandai kehambaannya dengan hamba Allah, ia mengokohkan jiwanya–yang dinisbahkan kepada hakikat kehambaan–dengan salah satu dari tanda-tanda Allah.

Tahu tidak kenapa, Mas?” tagih Mannan.

Memang kenapa dia baca bismillah?

“Fulan B menjawab, ‘Kalau aku tadi makan dibantuin setan karena nggak baca bismillah, maka ketika minum aku baca bismillah agar setannya seret. Itu cara aku menghajar setan’. haha..” canda Ihsan.

Ah, bisa saja bercandanya. Tentu kedua aktivitas tersebut harus baca bismillah atuh!

Ada-ada saja ya cerita yang salah satu hafidz tersebut ceritakan. Meskipun terkesan lucu dan mengada-ada, namun ketahui bahwa ada makna dibaliknya yang mengajarkan kita untuk selalu bersyukur dengan rezeki yang diperoleh sehingga akan terus memanjatkan doa dan memohon perlindungan untuk apa yang kita lakukan, salah satunya adalah berdoa sebelum makan.
Top