Al-Fatihah, Bukan Hanya Pembuka Saja, Ketahui Pula Makna Istimewanya!


Bagi seluruh umat muslim, membaca setiap ayat dari surat dalam al-Qur'an merupakan perbuatan yang bisa dihitung sebagai pahala. Surat dalam kitab umat muslim tersebut merupakan kalam Allah yang disampaikan untuk para umat manusia di bumi sebagai petunjuk dan penerang sikap agar menjadi lebih baik di dunia maupun di akhirat. Surat-surat yang tercantum di dalam al-Qur'an juga penuh dengan hikmah, serta pembelajaran dari kisah masa lalu dan masa depan.

Baca juga : Apa Jadinya Jika Setan "Seret"? Simak Alasannya Disini!

Semua surat dalam al-Qur’an juga sangatlah istimewa. Penyebutan khasiat dalam judul tulisan ini bukan berarti menafikan khasiat surat yang lain. Melainkan penegasan bahwa ada surat-surat tertentu yang Allah Ta’ala pilih dan memiliki khasiat khusus yang tidak dimilki oleh surat yang lainnya. Tentunya, penyebutan ini hendaknya membuat seorang hamba semakin mencintai al-Qur’an dan bersungguh-sungguh dalam mempelajari dan mempraktekkannya.

Di dalam “Tata Cara Pengobatan Ala Nabi”, Ibnul Qayyim al Jauziyah menjelaskan khasiat surat al-Fatihah sebagai berikut,

1. Surat al-Fatihah mencakup semua makna kitab-kitab Allah Ta’ala dan mengandung Nama-nama Tuhan dan sifatnya yang mendasar, yaitu Allah, Rabb, ar-Rahman dan ar-Rahim.

2. Surat al-Fatihah mengandung penetapan tentang akhirat, penegasan tauhid, dan butuhnya makhluk kepada Allah Ta’ala dalam meminta pertolongan serta petunjuk.

3. Surat al-Fatihah merupakan doa yang paling utama, paling berkhasiat dan paling bermanfaat.

Doa inilah yang amat dibutuhkan oleh hamba-hamba-Nya, sebentuk permohonan agar diberikan jalan yang lurus, yaitu jalan yang mengandung pengetahuan, tauhid, dan penghambaan makhluk kepada Sang Khalik dengan sempurna.

4. Di dalam surat al-Fatihah terdapat tiga golongan manusia.

Pertama, manusia yang diberikan nikmat; mengetahui kebenaran, mengamalkan, mencintai, dan menghargai nikmat tersebut.

Kedua, manusia yang dimurkai; mereka yang menyimpang dari kebenaran setelah mengetahuinya.

Ketiga, manusia yang sesat; manusia yang tidak mengetahui kebenaran dan enggan mencarinya.


Baca juga : Sering Dilupakan, Kamu yang Suka Nge-Trip Wajib Tahu Doa Ini!

5. Tujuh makna yang terkandung di dalam surat al-Fatihah.

a. Pengukuhan qadar dan syara’.
b. Nama-nama dan sifat-sifat Allah Ta’ala.
c. Tempat kembali dan nubuwat.
d. Penyucian jiwa.
e. Perbaikan hati.
f. Penyebutan kebaikan Allah Ta’ala.
g. Penolak terhadap semua pelaku bid’ah dan pelaku kebatilan.

6. Surat al-Fatihah bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan dapat digunakan sebagai ruqyah bagi orang yang terkena segatan.

7. Surat al-Fatihah merupakan keikhlasan dalam beribadah, pujian kepada Allah Ta’ala, penyerahan segala urusan kepada-Nya, permohonan kepada-Nya, tawakkal kepada-Nya, dan permintaan atas semua nikmat kepada-Nya.

8. Surat al-Fatihah merupakan sebuah hidayah yang dapat mendatangkan segala kenikmatan dan menolak semua bentuk kemurkaan.

Inilah di antara khasiat surat pertama dalam al-Qur’an tersebut. Surat yang disebut Ummul Kitab, Sab’ul Matsani, dan nama-nama berkah lainnya. Beruntungnya, bagi kita kaum muslimin yang rajin mendirikan shalat, surat al-Fatihah ini otomatis dibaca minimal tujuh belas kali dalam sehari. Dengan demikian, semoga khasiatnya bisa dirasakan dalam kehidupan sehari-hari dan bermanfaat untuk kehidupan akhirat.
Top