Agar Tidak Menyesal, Inilah Pentingya Mendidik Anak Tentang Shalat Lima Waktu Sejak Usia Dini

Penulis Cang Karna | Ditayangkan 28 Feb 2017

Agar Tidak Menyesal, Inilah Pentingya Mendidik Anak Tentang Shalat Lima Waktu Sejak Usia Dini

Salah satu pertanggungjawaban orangtua kepada Allah SWT adalah apakah sudah mendidik anak menjadi saleh dan salehah atau belum. Salah satunya adalah dengan mendirikan salat. Sebab salat adalah ibadah wajib bagi umat Islam.


Abdullah bin Amr bin al-As RA meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, "Perintahkanlah anak-anakmu salat ketika mereka menginjak usia tujuh tahun, dan pukul mereka untuk itu (salat) ketika sudah berusia sembilan tahun jika tidak salat, dan mengatur tempat tidur mereka (untuk tidur) secara terpisah. "(HR : Abu Dawud).

Salah adalah suatu bentuk ibadah wajib, anak harus melaksanakan, meski mereka belum memahaminya, kebanyakan orangtua mengajarkan anak salat pada usia tujuh tahun. Padahal, pada usia tersebut anak harus sudah mulai salat.

BACA JUGA : Mari Buat Perencanaan Seperti Ini Agar Hidup Menjadi Semakin Bertakwa Kepada Alloh SWT Setiap Waktu

Berarti, dua tahun sebelumnya seharusnya anak sudah diajarkan salat. Oleh sebab itu, sebagai role model orangtua harus mencontohkan. Allah SWT telah menawarkan metode yang sangat mudah, yakni dengan menciptakan sifat anak yang meniru orangtunya. Maka berilah contoh yang baik sejak anak kecil.

Oleh sebab itu, sebagai role model orangtua harus mencontohkan. Allah SWT telah menawarkan metode yang sangat mudah, yakni dengan menciptakan sifat anak yang meniru orangtunya.

Maka berilah contoh yang baik sejak anak kecil. Misalnya, mengajak anak salat zuhur, Asar, Maghrib terlebih dahulu sebelum salat Subuh dan Isya. Sementara itu, Fatimah putri Rasulullah mengajarkan anak-anaknya salat dengan memimpin salat dan memberikan anak sajadah sendiri.

Dengan mendidik anak-anak yang saleh dan salehah, maka itu akan menolong orangtua di hari akhirat. Sebab, doa anak yang saleh akan menyelamatkan orangtua dari siksa api neraka.

SHARE ARTIKEL