4 Hak Jenazah Muslim yang Harus Dipenuhi Oleh Saudaranya



Dalam agama islam, seseorang yang telah meninggal dunia telah kehilangan segala hak dan kewajibannya.


Namun, apabila orang tersebut meninggal dalam kondisi beragama Islam yang selalu rajin mengerjakan sholat beserta amalan amalan yang lainnya, maka jenazah atas orang tersebut memiliki beberapa hak dari umat muslim lainnya.


Hak tersebut harus dipenuhi, bahkan jika ia tidak mendapatkan haknya, sementara di sekitarnya banyak umat muslim yang sebenarnya mampu untuk memenuhi hak atas jenazah tersebut  maka orang oprang muslim yang masih hidup disekitarnya tersebut akan mendapatkan dosa.


Dari itu semua, maka ada beberapa hak atas jenazah seorang muslim yang wajib dipenuhi hak haknya oleh para umat muslim yang masih hidup. Hak hak tersebut adalah, dimandikan, dikafani, disholatkan, dan dikubur.


1. Dimandikan


Seorang muslim yang telah meninggal dunia memang wajib untuk dimandikan. Ada tata cara tersendiri untuk memandikan seorang jenazah, seperti tata cara menyiram dan sebagianya. Begitu pun dengan orang orang yang memandikannya, seorang jenazah laki laki harus dimandikan oleh laki laki pula, begitu pun dengan jenazah seorang wanita yang juga harus dimandikan oleh para wanita, kecuali anggota keluarga (orang orang yang mahram dengan sang jenazah). Jenazah harus dimandikan hingga bersih dan diberikan wewangian.


2. Dikafanai


Jenazah seorang muslim wajib dikafani dengan menggunakan kain kafan, yaitu kain yang berwarna putih bersih. Untuk mengkafani jenazah pun tidak dapat sembarangan, sebab antara jenazah laki laki dan wanita mempunyai perbedaan jumlah lembar kain yang harus digunakan.

BACA JUGA: Hindari 10 Dandanan yang Dilaknat Oleha Allah Untuk Wanita Muslim

3. Disholatkan


Jenazah seorang muslim wajib disholatkan jika semasa hidupnya sang jenazah tersebut selalu mengerjakan sholat dengan rajin. Namun, jika sang jenazah semasa hidupnya tidak pernah mengerjakan sholat, maka ia juga tidak berhak untuk disholatkan. Dalam sholat jenazah terdapat beberapa ketentuan tersendiri, seperti hanya dilakukan dengan berdiri dan hanya menggunakan gerakan takbir tanpa melakukan gerakan sholat yang lain seperti ruku, i’tidal, dan sujud. Sholat jenazah pun memiliki bacaan yang berbeda dengan sholat wajib.


4. Dikubur


Setelah jenazah mendapatkan ketiga haknya di atas, maka jenazah wajib segera dikuburkan. Untuk menguburkan jenazah maka jenazah majib dibaringkan dengan kepala di bagian utara dengan posisi wajah miring menghadap ke arah kiblat.

Demikianlah beberapa hak yang harus dipenuhi dari setiap muslim yang meninggal dunia.
loading...
Top