3 Perbuatan Dosa yang Sering Dilakukan Remaja Tanpa Sadar

Komentar


Masa remaja merupakan masa labil yang harus dilalui oleh setiap umat manusia. Di masa labil ini remaja biasanya banyak melakukan percobaan - percobaan yang sering kali menjerumuskannya ke dalam berbagai macam perbuatan dosa tanpa disadarinya secara langsung.

Di masa remaja, manusia biasanya akan mulai mengenal lawan jenis yang dilanjutkan dengan aktivitas pacaran yang saat ini sudah dianggap wajar untuk dilaksanakan.

Padahal, jika ditelisik lebih dalam, pacaran dapat menimbulkan banyak sekali dampak negatif atau pun muderat bagi pelakunya baik dampak negatif yang dapat terlihat secara langsung maupun dampak negatif yang tidak dapat terlihat secara langsung.

Selain aktivitas pacaran, pergaulan remaja masa kini juga sudah tidak lagi berpedoman kepada ajaran Agama Islam.

Bahkan, jika diteliti secara mendalam, pergaulan remaja masa kini cenderung lebih berpedoman kepada berbagai macam perbuatan dan kebiasaan bangsa barat yang notabene jauh berbeda dengan ajaran Agama Islam.

Ketika menjalankan dua kegiatan di atas, tanpa sadar, remaja pada akhirnya harus melakukan  berbagai macam perbuatan dosa yang pada dasarnya dapat dihindari.

1. Zina

Dosa besar pertama yang sering dilakukan remaja adalah zina. Seperti yang telah disebutkan di atas, remaja saat ini sudah menganggap pacaran merupakan hal yang biasa.

BACA JUGA : Amalan - amalan yang Merupakan Jalan Menuju Surga menurut Al-Qur’an

Padahal jika dikaji secara mendalam, pacaran merupakan pintu awal terjadinya aktivitas perjinahan yang notabene merupakan salah satu aktivitas yang paling dibenci oleh Allah SWT.

Hal ini senada dengan Ayat Al-Qur’an Surah Al-Isra ayat 32 yang artinya :

“Dan janganlah kami mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan perbuatan yang buruk.” (QS. Al-Isra : 32).

2. Khalwat

Beberapa remaja Islam banyak yang berpendapat jika pacaran merupakan perbuatan yang boleh dilakukan selama masih dalam batas - batas tertentu dan belum menjerumus ke dalam perbuatan atau pun aktivitas zina.

Padahal, jika ditelisik lebih mendalam ketika sedang berpacaran, mayoritas remaja biasanya secara tidak sadar akan melaksanakan berbagai macam kegiatan khalwat, seperti beberapa diantaranya adalah berduaan, berciuman, berpelukan, bersentuhan, dan berbagai macam perbuatan khalwat yang lainnya.

Meskipun belum termasuk ke dalam zina, perbuatan ini tentunya bukanlah perbuatan yang mulia dan dapat menimbulkan dosa yang sangat besar kepada para pelakunya.

3. Minum - minuman Keras

Selain dua dosa di atas, perbuatan dosa lainnya yang juga sering dilakukan oleh remaja tanpa sadar adalah minum - minuman keras. Seperti yang kita ketahui bersama, remaja saat ini sarat dengan kehidupan modern yang penuh hura - hura.

Untuk bisa terlihat gaul dan keren, remaja masa kini sering kali mengadopsi berbagai macam tindakan masyarakat barat yang notabene sangat jauh berbeda dengan adab pergaulan umat Islam.

Salah satu budaya barat yang banyak diadopsi oleh kaum remaja masa kini adalah kebiasaan minum - minuman keras.

Seperti yang telah dijelaskan di dalam Al-Qur’an, minuman keras merupakan salah satu perihal yang haram dan tidak baik untuk dikonsumsi.

Menurut Hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad, orang yang minum khamar / minuman keras tidak akan diterima shalatnya selam 40 hari dan jika tidak segera bertaubat akan diganjar oleh Allah dengan minuman dari sungai kahabal yaitu nanahnya penduduk neraka.
Top