10 Manfaat Tanaman Pot di Dalam Rumah

Penulis Penulis | Ditayangkan 28 Feb 2017

10 Manfaat Tanaman Pot di Dalam Rumah

Tanaman pot tidak hanya dapat mempercantik eksterior rumah, namun juga menghias ruangan di dalam rumah Anda.

Ada banyak jenis tanaman pot yang bisa Anda rawat, mulai dari yang berjenis dedaunan, sampai dengan bunga dengan kelopak warna yang cerah.

Tapi, tahukah Anda jika beberapa jenis tanaman pot ternyata memiliki manfaat lain selain sebagai dekorasi ruangan? Simak saja 10 manfaatnya berikut ini.

1. Membantu relaksasi

Hanya dengan melihat bunga dalam pot yang kelopaknya berwarna ungu atau merah jambu ternyata dapat menstimulasi pelepasan hormon adrenalin.

Dengan demikian, energi akan meningkat dan aliran oksigen menuju otak bertambah sehingga membantu Anda menjadi relaks.

2. Humidifier Alami

Humidifier merupakan alat pembersih udara yang biasa diletakan di dalam rumah. Alat ini dapat membantu melembapkan udara dan mengurangi iritasi pada mereka yang memiliki gejala alergi pada saluran pernafasan. Alat ini wajib dimiliki pada rumah dengan udara yang kering.

Nah, daripada membeli perangkat humidifier, ada baiknya jika Anda memiliki beberapa jenis tanaman yang terbukti secara klinis dapat melembabkan udara. Salah satunya ialah jenis tanaman Boston Ferns.

Mereka dapat melembabkan ruangan melalui proses transpirasi. Jadi ketika pori-pori bagian bawah daunnya menghangat maka tanaman ini kemudian akan melepaskan air yang dapat melembabkan udara.

3. Memiliki kekuatan menyembuhkan

Menurut penelitian dari National Institutes of Health, tanaman lidah buaya ternyata dikenal sebagai ‘tanaman abadi’ pada peradaban Mesir kuno dan sering digunakan untuk menyembuhkan luka.

Sementara itu, masyarakat modern menggunakan lidah buaya untuk menyembuhkan luka bakar atau sengatan matahari dengan cara digosok langsung ke kulit.

4. Memberi inspirasi

Ketika Anda membutuhkan inspirasi untuk berkreasi, jangan ragu meletakkan pot tanaman di samping meja kerja Anda.

Menurut Justin Hancock, ahli kebun dari Costa Farms Croton, dedaunan yang berwarna-warni dapat memberikan inspirasi dan energi pada sekelilingnya, termasuk juga pada Anda!

5. Mengurangi alergi

Jika Anda menderita influenza di musim hujan atau udara yang kering, maka tanaman spider plants dapat membantu Anda meringankan sakit tersebut.

Dedaunannya yang tipis dan berujung runcing dapat menyerap alergen (seperti debu), dan dalam waktu dua hari tanaman ini juga dapat mengurangi hampir 90 persen racun yang terdapat dalam ruangan.

6. Dapat Membersihkan Udara

Jika Anda ingin menguji apakah udara yang dihirup dalam rumah merupakan udara yang bersih dan menyehatkan, maka letakkan tanaman jenis english ivy.

Menurut peneliti dari NASA, tanaman ini merupakan filter udara nomor satu karena sangat ampuh menyerap formaldehyde.

7. Memberi Asupan Energi

Warna merah dikenal dapat menstimulasi semangat dalam diri seseorang. Sebagai contoh, meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan energi.

Untuk itu, jangan ragu menanam tanaman dengan daun merah seperti red aglaonema di dalam ruangan.

Anda juga bisa menaruh pot tanaman ini di kamar mandi untuk memberi semangat ketika bangun di pagi hari.

8. Meningkatkan Konsentrasi

Penelitian yang dilakukan oleh Royal College of Agliculture menyebutkan bahwa mahasiswa yang ruangan kelasnya terdapat tanaman memiliki fokus 70 persen lebih besar.

Ada beberapa jenis tanaman yang bisa meningkatkan konsentrasi, namun jenis bambu-bambuan dipercaya memberikan semangat sekaligus nilai feng shui yang positif.

9. Menurunkan Stres

Menurut penelitian dari Journal Environmental Psychology, tanaman dengan bunga seperti Anturium dipercaya dapat menurunkan tingkat stres.

 Kini Anda bisa meletakkan tanaman pot ini di setiap ruangan untuk menguji keefektifannya.

10. Menyejukkan Mata

Banyak orang yang percaya bahwa tamanan pothos dapat membuat mata sejuk dan rileks ketika mata Anda iritasi atau lelah, misalnya akibat menatap layar komputer berjam-jam).

Tanaman jenis ini juga dipercaya dapat mencegah penyakit mata seperti  glukoma dan katarak.
SHARE ARTIKEL