Waspadai Inilah Ciri-ciri Mesin EDC yang Dapat Menguras Habis Tabunganmu

Saat ini kasus pencurian tak hanya bisa terjadi lewat ATM saja, tetapi juga kartu kredit. Kecanggihan teknologi membuat banyak orang bisa mencuri dengan mudah tanpa bergerak langsung untuk melakukannya.



Sekarang sudah ada cara mencuri yang lebih canggih lagi, yaitu dengan menggelapkan uang dari kartu kredit.

Sudah ada orang yang membuat mesin EDC palsu untuk mencuri uang para pemakai kartu kredit. Mesin EDC (Electronic Data Captures) ini sering kalian temui di toko-toko dan supermarket.

Seperti yang dikutip dari palingseru.com Mesin EDC palsu ini akan memindai  informasi kartu kreditnya menggunakan perangkat skimming khusus dan kemudian mencuri uang mereka.

Namun, tenang saja karena Bright Side memberikan bocoran bagaimana mendeteksi mesin EDC yang palsu ini.

Berikut ke lima ciri mesin EDC palsu yang bisa kalian ketahui.

1. Terminal skimming nampak lebih besar dari normal


Yang pertama adalah terminal skimming tampak lebih besar dari normalnya. Sehingga kartu kredit masuk terlalu banyak di bagian skimming.

2. Tombol tidak jelas



Sebuah mesin EDC yang palsu, tombolnya akan terlihat buram atau tidak jelas.

3. Lampu LED tertutup


Lampi LED pada mesin EDC palsu akan ditutupi, padahal seharusnya lampu LED hijau harus ada di terminal dan menyala saat kartu di scan.

4. Sering terjadi kesalahan operasi


Skimmer kadang-kadang muncul strip magnetik ketika mereka memindai data. Sehingga kesalahan operasi lebih sering dan secara signifikan memperlambat kerja normal terminal.

5. Tempat pena tidak kuat


Mesin pembayaran yang asli memiliki tempat pena yang melekat. Ini digunakan untuk memasukan tanda tangan setelah kartu di pindai. Sedangkan mesin yang palsu tidak menempatkan tempat pena itu dengan baik.

Itulah dia ke lima ciri mesin EDC palsu yang bisa mencuri uang kamu. sebagai konsumen

Top