Wajib Tau Sholat Dhuha Yang Ternyata Tak Hanya Untuk Kebaikan Rejeki, Bisa Juga Membawa Manfaat Untuk Ini ..

Komentar


Sholat duha adalah sholat sunah yang dilakukan sedikitnya 2 rakaat dan banyaknya 12 rakaat. Waktu pelaksanaan sholat duha adalah saat matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya atau sekitar pukul 7 pagi hingga waktu zuhur.

Keutamaan terbesar sholat duha adalah dimudahkankannya pintu rezeki bagi siapa saja yang melaksanakannya.

“Rasulullah bersabda di dalam Hadits Qudsi, Allah SWT berfirman, “Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat shalat dhuha, karena dengan shalat tersebut, Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya.” (HR. Ahmad, Dawud, dan Tirmidzi).

Namun ternyata, sholat duha memiliki banyak keutamaan lainnya selain hanya dimudahkan dalam urusan rezeki. Keutamaan sholat duha lainnya yaitu:

Sholat Duha = Sedekah

“Pada pagi hari, setiap persendian salah seorang dari kalian wajib bershadaqah; setiap tasbih adalah shadaqah, setiap tahmid adalah shadaqah, setiap takbir adalah shadaqah, menyuruh berbuat baik adalah shadaqah, melarang dari yang mungkar adalah shadaqah, dan itu semua cukup dengan dua raka’at shalat Dhuha yang ia kerjakan.” (HR. Muslim).

Diampuni Dosa oleh Allah SWT

“Barangsiapa yang selalu mengerjakan shalat Dhuha niscaya akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan.” (HR. Turmudzi)

Senantiasa Bertaubat

“Tidaklah seseorang selalu mengerjakan shalat Dhuha kecuali ia telah tergolong sebagai orang yang bertaubat.” (HR. Hakim).        

Miliki Pahala Haji dan Umrah

“Barangsiapa shalat subuh dengan berjamaah, kemudian duduk berdizkir kepada Allah sampai matahari terbit, lalu shalat dua rakaat, dia mendapat pahala seperti haji dan umrah yang sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Turmudzi).

Simbol Ketaatan

“Barangsiapa yang shalat Dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka dia ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka dia diselamatkan di hari itu. Barangsiapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis dia sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya.” (HR. At-Thabrani).

Mendapat Pintu Khusus Menuju Surga

“Sesungguhnya di dalam surga terdapat sebuah pintu bernama pintu Dhuha. Apabila Kiamat telah tiba maka akan ada suara yang berseru, ‘Di manakah orang-orang yang semasa hidup di dunia selalu mengerjakan shalat Dhuha? Ini adalah pintu buat kalian. Masuklah dengan rahmat Allah Subhanahu Wata’ala.” (HR. At-Thabrani).
Top