Tips Berhemat Ala Ibu Rumah Tangga Modern


Apa yang harus dilakukan untuk menjadi orang kaya? Apakah harus mencari uang sebanyak-banyaknya? Tentu saja iya. Tapi,sebanyak apapun yang dicari,bila dipakai dengan sembarangan,pasti juga akan habis.

Kalau begitu,bagaimana caranya untuk menjadi orang kaya? Salah satunya cara untuk menjadi kaya yaitu memiliki kebiasaan untuk hemat,irit dan sederhana. Perlu suatu kebiasaan untuk menghargai uang sekecil apapun dan kemampuan untuk mengelolanya.

Orang yang hemat tidak menggunakan uang sesuka hatinya,hemat juga bisa menghasilkan uang dari tempat-tempat tidak terduga. Ada orang kaya baru ,tapi tidak ada orang hemat baru karena berhemat bukan suatu kebiasaan yang bisa dibentuk dalam waktu singkat. Nah,kalau begitu apa yang harus dilakukan oleh ibu rumah tangga yang bijaksana di masa modern jaman sekarang untuk menjadi hemat.

Gunakan satu barang untuk berbagai fungsi dan gunakan terus sampai tidak bisa digunakan lagi.

Untuk zaman sekarang pasti banyak orang yang membuang botol plastik yang sudah kosong karena merasa tidak bisa digunakan lagi. Tahukah anda,bahwa botol plastik kosong bisa kita gunakan untuk mengurangi jumlah volume air yang ada di penampungan air di closet,dengan begitu kita bisa menghemat air yang ada dipenampungan kloset. Dan kemudian botol plastik itu bisa digunakan kembali untuk menjadi plastik vinil.

Manfaatkan sampah

Botol yang sudah habis kita pakai,bisa kita jual lagi botol yang kosong ke pengumpul botol.

Sampah kulit jeruk serba guna,dari bisa kita gunakan untuk membersihkan minyak panci di penggorengan,ternyata jeruk bisa juga kita jadikan sebagai tempat penampung lilin seperti foto dibawah ini contohnya

Bawa uang tunai secukupnya saat keluar rumah

Saat kita keluar rumah,tentu saja kita harus membawa uang,tapi sebaiknya kita jangan bawa lebih karena itu akan membuat kita untuk membeli barang yang memang belum kita perlukan.

Sebelum membeli sesuatu,pikirkan lagi apa barang itu memang benar kita perlukan. 

Saat kita ingin membeli sesuatu yang bernilai lebih tinggi dari biasanya,pikirkan kembali apa barang ini sangat penting?apakah sesudah kita beli,barangnya bisa kita pergunakan sebaik mungkin?

Lakukan penghematan dan tetapkan target untuk tabungan perbulan.

Saat kita gajian,kita pasti akan menabung tapi kebanyakan orang,menabungnya lebih sedikit daripada pemakaian perbulannya.
Top