Ternyata Masuk Surga Itu Mudah! Bahkan Rasulullah Memberikan Tips Khusus Bagi Mereka yang Mau


Siapa yang tak ingin masuk surga? Setiap orang pastilah ingin masuk ke dalam tempat yang indah tersebut. Apalagi jika mendengar bagaimana nikmatnya tinggal di tempat tersebut, pastilah semua orang ingin merasakannya pula. Jika biasanya banyak yang mwajibkan ibadah untuk masuk ke dalam surga, maka saat ini adalah saatnya untuk membahas tentang sunnah.

Sunnah merupakan hal yang diriwayatkan dari Nabi Muhammad SAW, dimana berupa ucapan, perbuatan, ataupun hukum ketetapan yang berdasar pada Al-Qur'an dan kejadian dahulu yang tercantum ke dalam hadist. Sunnah merupakan hal yang bila orang yang mengerjakannya mendapat pahala, bagi yang tidak mengerjakan tidak apa-apa.

Baca juga : "Demi Nabi Saya Bersumpah!", Apa Hukumnya?

Imam Al-Bukhari dalam kitab Shahih-nya meriwayatkan, Umar bin Khaththab Radhiyallahu Anhu pernah mengatakan,

Sungguh, para sahabat Radhiyallahu Anhum selalu mengamalkan apa yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam kepada mereka, melakukan apa yang beliau lakukan.

Bahkan, mereka berlomba-lomba dalam kebaikan sebagai bentuk pengamalan dari sabda Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam,

كُلُّ أُمَّتِيْ يَدْخُلُوْنَ الْجَنَّةَ إِلَّا مَنْ أَبَى

“Setiap umatku akan masuk surga, kecuali orang yang tidak mau.”

Para sahabat lantas bertanya, “Wahai Rasulullah, siapakah orang yang tidak mau itu?” Beliau menjawab,

مَنْ أَطَاعَنِي دَخَلَ الْجَنَّةَ وَمَنْ عَصَانِي فَقَدْ أَبَى

“Siapa yang menaatiku, maka ia akan masuk surga, sedangkan siapa yang mendurhakaiku, berarti ia orang yang tidak mau (masuk surga).” (HR. Al-Bukhari).


Baca juga : Pak Uban, Sesepuh yang Mau Membeberkan 3 Rahasia Panjang Umur, Wahai Saudaraku Ketahuilah Hal Ini!

Wahai hamba Allah, sesungguhnya mati dan hilangnya sebuah sunnah, ketidaktahuan manusia tentangnya, serta keengganan mereka untuk mengamalkannya merupakan tanda munculnya bid’ah.

Dijelaskan kembali bahwa mereka yang ingin masuk ke dalam surga, caranya adalah cukup mudah, yakni dengan mengamalkan sunnah Rasulullah seiring dengan melakukan ibadah wajib yang semestinya. Niscaya barangsiapa yang melakukannya dengan niat yang tulus dan dikerjakan secara rutin secara sungguh-sungguh, maka surga akan dengan mudah diperolehnya tergantung dengan kehendak Allah SWt pula.

Jadi bagaimana? Siapkah untuk meraih surga mulai sekarang?
Top