Terbukti, Cara ini Bisa Buat Tikus Tak Berani Masuk Rumah Anda


Foto Pixabay.com

Mengatasi binatang pengerat yang satu ini susah memang. Sudah capek-capek bersihkan rumah beserta perabotan. Eh malah menemukan tikus melintas, apalagi kluyuran di dapur yang notabene tempat itu harus bersih. Siapa yang tidak kesal. Selain mampu mengunyah kabel, binatang pengerat ini juga dapat menyebabkan kerusakan dan kekacauan lainnya di rumah Anda.

Dan yang menjijikan sekaligus mengerikan, tikus juga membawa kotoran dan bakteri. Dan agar tak ada lagi tikus yang berkeliaran di dalam rumah Anda, simak langkah-langkah yang dapat mengusir tikus dari Rumah.com Anda berikut ini.

Temukan jalan masuk tikus

Di mana Anda pertama kali melihat tikus di dalam rumah? Jika Anda menemukan tikus di ruang tamu maka ada kemungkinan tikus masuk melalui pintu depan.

Saat sedang menyiram tanaman di halaman ataupun mencuci mobil di garasi, biasanya kita membiarkan pintu rumah terbuka. Padahal hal ini sama saja dengan membuka jalan bagi tikus untuk memasuki rumah.

Selain masuk melalui pintu depan rumah, tikus juga bisa masuk melalui celah kecil, contohnya melalui lubang seukuran uang logam. Jadi segera tutup lubang yang Anda temukan di bawah pintu dan di sekitar tembok rumah Anda.

Baca Juga: Foto Tikus Hitam dan Gemuk di Makanan Siap Saji Sevel Malaysia jadi Viral

Tidak ada makanan di lantai

Tikus sering bersembunyi di dapur karena binatang pengerat ini mudah menemukan remah-remah makanan yang bertebaran di sana. Jadi langkah yang harus dilakukan adalah selalu memastikan agar tidak ada makanan yang jatuh di lantai.

Caranya, lap meja sehabis makan dan sapu lantai dapur setiap kali Anda selesai memasak. Selain itu, simpan makanan dalam wadah tertutup dan kedap udara, terutama tepung terigu, beras, dan sereal.

Manfaatkan aroma mint

Tidak ingin menggunakan racun? Anda bisa coba cara lain yang cukup sederhana sekaligus efektif untuk mengusir binatang pengerat ini, dengan menggunakan essential oil mint.

Tuangkan 10–20 tetes essential oil mint ke selembar kapas. Kemudian sebarkan beberapa lembar kapas yang telah ditetesi essential oil mint tersebut di sekitar rumah Anda, seperti di bawah lemari dapur dan di samping pintu. Ganti kapas yang telah ditetesi essential oil mint setiap minggu.

Memiliki beberapa pot tanaman mint di halaman juga cukup ampuh untuk mencegah tikus memasuki rumah Anda.
loading...
Top