Tanpa Perlu Cara dan Alat Khusus, Kabarnya Tes Mudah ini Bisa Ketahui Kecerdasan Seseorang Secara Spesifik



Manusia sebagai mahluk yang paling mulia dianugrahi segala panca indra dan akal pikiran. Untuk melakukan sesuatu para manusia menggunakan kemampuan otaknya. Cara kerja otak sangatlah kompleks. Untuk melihat kecenderungan tertentu pada diri seseorang, dilakukan tes untuk mengungkap yang tak bisa dilihat secara kasat mata. Mungkin kamu sering melihat tes-tes psikologi yang beredar di internet, salah satu yang terkenal adalah tes Spinning Dancer ini.

Tes Spinning Dancer dianggap dapat mengungkap kecenderungan otak yang dominan.

tumblr-n67tjhozem1saxoooo1-500-53a27f9adcc88c47f2e9796367d6ac58.gif
tumblr.com

Ilusi optik ini diciptakan oleh Nobuyuki Kayahara, seorang desainer Flash asal Jepang, di tahun 2003. Selama bertahun-tahun, gambar penari yang bergerak 360 derajat ini berguna sebagai 'alat' paling sederhana untuk mengetahui sisi otak mana yang paling dominan. Jika kita melihat penari berputar searah jarum jam, artinya otak kanan kita lah yang lebih dominan. Begitu pula sebaliknya.

Baca Juga: Hati-Hati! Anak akan Meniru 7 Kebiasaan Orangtua ini Tanpa Dicontohkan

Apakah teori ini benar-benar akurat?

finda.photo

Teori yang beredar, orang-orang dengan IQ tinggi bisa melihat sang penari berputar ke kanan dan kiri, bukan hanya cenderung pada satu arah saja. Paul Spencer dari Tonic menghubungi Arthur Shapiro dan Niko Troje, peneliti dari Oxford Compendium of Visual Illusions untuk mengungkap kebenaran di balik teori ini.

Shapiro berpendapat, sesungguhnya ada banyak alasan yang kompleks mengapa kita bisa melihat sang penari berputar ke arah yang berbeda. Dua peneliti ini menjelaskan bahwa meskipun ballerina ini berputar, dia sebenarnya menampilkan kesamaan dengan ilusi-ilusi optik statis yang lain. Ketidakpastian jawaban ke mana sebetulnya sang ballerina ini berputar karena ilusi optik tidak mengungkap petunjuk kedalaman gambar yang pasti untuk membantu kita memahami secara utuh. Ketika gambar tidak jelas, otak akan berinisiatif untuk mengisi kekosongan informasi yang hilang.

Tak perlu jadi seorang jenius untuk bisa melihat sang ballerina berputar ke dua arah yang berbeda.

kcaw8oi-18b639940351776284c10f4a126a5a85.gif
imgur.com

Jika kita memberikan bayangan putih di beberapa area sekitar tubuh ballerina, maka otak kita dapat memecahkan ilusi lebih cepat. Ini terjadi karena otak mampu mengumpulkan informasi yang lebih pasti.

Tak perlu punya IQ tinggi untuk bisa melihat sang ballerina berputar ke kedua arah yang berbeda. Shapiro membocorkan rahasianya, "Tutupi semua bagian tubuh balerina, kecuali bagian kaki yang menapak tanah. Fokus pada kakinya dan putaran balerina dapat dilihat lebih jelas".

Studi di tahun 2010 mengungkapkan, banyak orang yang melihat sang balerina berputar searah jarum jam ketimbang sebaliknya. Bagaimana dengan kamu?
loading...
Top