Tamu Bulanan Datang dan Kamu Masih Ngotot Untuk Berolahraga? Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuhmu

Komentar
Menstruasi atau tamu bulanan datang setiap bulannya. Rasa sakit atau PMS kadang timbul, karena itu pula mood kadang terganggu dan malas melakukan apapun apalagi olahraga.



BACA JUGA: HITT, Gerakan Olahraga 5 Menit, Tapi Ampuh Melangsingkan Tubuh

Dikutip dari merdeka, "Sebenarnya ketika kamu masih sering berolahraga ketika menstruasi, hal ini bukanlah masalah besar. Latihan yang dilakukan dengan intensitas tinggi membuat tubuh melepaskan banyak hormon endorfin yang membuat suasana hatimu meningkat," ungkap Alyse Kelly-Jones, ahli obgin di Novant Health Mintview OB/GYN.

"Endorfin yang keluar juga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan menyingkirkan protaglandin atau zat kimia yang diproduksi tubuh selama menstruasi yang menyebabkan peradangan, kontraksi otot, nyeri, ataupun demam. Sehingga dengan kata lain, olahraga yang tetap dilakukan saat menstruasi memberikan manfaat tinggi untuk kesehatan tubuh," lanjutnya.

Alasan lainnya kenapa kamu harus selalu berolahraga saat menstruasi adalah untuk membakar kalori lebih banyak. "Ketika menstruasi, hormon progesteron dan estrogen berada pada titik yang rendah. Akses pada karbohidrat dan glikogen akan jadi lebih mudah dan hal ini menjadi bahan bakar bagi tubuh saat berolahraga," terang Kelly-Jones.

Lalu, olah raga seperti apa yang bisa kamu lakukan saat menstruasi datang?

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga kardio lebih disarankan untuk dilakukan ketika menstruasi daripada latihan beban. Sebab suhu tubuh yang lebih rendah selama menstruasi akibat penurunan hormon bisa meningkatkan intensitas waktu saat berolahraga karena tubuh butuh untuk menyimpan lebih banyak panas tanpa melelahkan sistem saraf pusat.

"Olahraga tetaplah sah-sah saja untuk dilakukan saat menstruasi. Malahan olahraga akan membuat tubuhmu selalu bugar dan tidak akan mengganggu kuantitas darah menstruasi seperti yang selama ini ditakutkan," pungkas Kelly-Jones.

Itulah ladies.. olah raga itu penting dan menstruasi datang setiap bulan. Jadi jangan jadikan menstruasi untuk alasan tidak berolahraga ya..
Top