Setelah Empat Tahun Tanpa Suara, Gadis Kecil Ini Terkejut Saat Bisa Dengar Suaranya Sendiri

Komentar


Tamzin Stockdale (8) tak menyangka bisa kembali mendengar suaranya sendiri. Tamzin adalah gadis tuli yang kehilangan pendengarannya pada usia 4 tahun karena infeksi virus langka.

Tamzin mendapat implan koklea buatan yang membantunya untuk mendengar suara. Koklea atau rumah siput merupakan bagian penting dari fungsi pendengaran.

BACA JUGA : Berikut 10 Cara Orang Tua Ini Mendidik Anaknya Dengan Cara Unik, Keren No 8 Bisa Dicoba Nih

Implan elektronik yang dipasang di telinganya itu bekerja dengan cara mengirimkan sinyal suara ke otak. Namun, suara yang didengar seperti suara robot.

Dalam sebuah video yang diunggah, Tamzin pun tampak terkejut bisa mendengar kembali setelah empat tahun tanpa suara.

"Saya bisa mendengar suara ibu dan adik saya dengan kedua telinga saya. Ini sangat luar biasa," kata Tamzin.

Sebelumnya, Tamzin berkomunikasi dengan membaca gerakan bibir. Ibunya kerap mengulang perkataan berkali-kali hingga Tamzin mengerti. Namun, setelah implan koklea ini, Tamzin kembali bisa mendengar suara ketika dipanggil ibunya dari jarak jauh.

BACA JUGA : Pengen Rumahmu Rapi dan Nyaman? Inilah 7 Cara Menata Barang Anti Mainstream yang Bisa Kamu Coba

Mulanya, Tamzin lahir dengan pendengaran normal. Namun, pada usia empat tahun tiba-tiba pendengarannya hilang. Saat itu Tamzin terbangun dari tidur dan mengaku tak bisa mendengar suara ibunya. Hasil tes menunjukkan, Tamzin terinfeksi cytomegalovirus virus.

Berbagai cara pun dilakukan oleh ibu Tamzin, Kelley. Tamzin pernah mendapat implan koklea sebelumnya, tetapi tak berhasil karena virus kembali menyerang. Perjuangan Kelley tak berhenti sampai di situ.

BACA JUGA : 8 Design kasur Ini Khusus Dirancang Untukmu, Bikin kamu Betah Dikamar Seharian

Hingga akhirnya, awal Desember 2016 lalu Tamzin kembali mendapat implan koklea. Implan koklea kali ini pun berhasil membuat Tamzin mendengar kembali. 
Top