Sepertiga Malam itu Batasnya Jam Berapa Saja Sih?


ilustrasi

Apakah masih punya pertanyaan tentang hal ini? Kenapa harus dibahas? Waktu ini sangatlah penting bagi muslim. Seorang muslim harus tau tentang awal malam dan spertiga malam yang dimaksud ini.

Bagi kamu yang rajin tahajud atau sholat qiyamul lail, biasanya sholat jam berapa? Pahalanya sama gak sih kalo sholat di waktu itu? Atau jangan-jangan kalian salah dalam menentukan waktu Sholat! Waduh, udah ngantuk-ngantuk dan mencoba untuk lebih dekat sama Allah tapi ternyata salah waktu sholatnya. Waktu shubuh malah di pake tahajud.

Nah, supaya kamu tidak salah dalam menentukan waktu sholat qiyamul lail coba cek dulu beberapa hadits di bawah ini.

Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim bahwa ”Pada tiap sepertiga malam terakhir Allah turun kelangit dunia lalu Ia Berfirman: “Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaanya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.”.

“Setiap malam Allah turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terakhir. Ia pun berkata, “Adakah hamba-Ku yang meminta sehingga pasti Aku berikan apa yang ia minta? Adakah hambaku- yang berdoa hingga pasti Aku kabulkan doanya? Adakah hamba-Ku yang ber-istighfar sehingga Aku ampuni dosanya?.”
Hadits, riwayat Al Bukhari nomor 1145 dan Muslim nomor 758.muslimah-shalat-tahajud-_13

Hadits Aisyah radhiyallahu’anha, beliau berkata,

مِنْ كُلِّ اللَّيْلِ أَوْتَرَ رَسُول اللَّهِ صلى الله عليه وسلم مِنْ أَوَّلِ اللَّيْلِ وَأَوْسَطِهِ وَآخِرِهِ وَانْتَهَى وِتْرُهُ إلَى السَّحَرِ

“Setiap malam Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam melakukan sholat witir, baik di awal malam, pertengahannya, atau di akhirnya. Dan berakhir waktu witir beliau sampai waktu sahur.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim]

Nah, dalam ke 3 hadits di atas disebutkan bahwa waktu sholat tahajud dan berdoa serta memohon ampunan Allah ketika sepertiga malam, baik di awal malam, tengah malam, atau akhir malam. Tapi yang lebih afdhol ketika di sepertiga malam terakhir (akhir malam). Namun, jam berapa ya tepatnya akhir malam sesuai dengan hadits diatas. Ataukah sama dengan jam yang biasanya kita gunakan.

Beberapa ulama menyimpulkan waktu awal malam, tengah malam dan sepertiga malam dapat ditentukan dengan waktu :

1.Awal malam/sepertiga malam pertama:sekitar jam 20.00-23.00

2.Tengah malam/sepertiga malam kedua:jam 23.00-01.30

3.Akhir malam/sepertiga malam yg terakhir: jam 01.30-menjelang subuh.

Baca Juga: Meski Tak Zina, Pacaran Itu Dilarang!

Sehingga kita dapat langsung menggunakan waktu menggunakan waktu tersebut untuk melaksanakan sholat tahajud. Seperti yang disampaikan dalam hadits bahwa waktu paling baik dengan pahala yang lebih besar yaitu di akhir malam (jam 1.30-menjelang shubuh), jadi usahakan kamu melaksanakan sholat tahajud pada waktu ini. Tapi kamu tetap boleh kok melaksanakannya di awal atau ditengah malam, tapi tentu saja pahala dan doa yang kamu panjatkan kurang ngena.

Lalu bagaimana apabila didaerah kamu malam dan siang mempunyai waktu dan berbeda. Atau kamu merasa waktu shubuh lebih cepat atau lebih lama. So, kamu tenang aja, karena sudah ada rumus sendiri untuk menentukan waktu awal, tengah dan akhir malam, jadi kamu nggak perlu khawatir.

Untuk menentukan waktu di tengah malam, kamu dapat memakai rumus ini.

Waktu Tengah Malam = Waktu Tenggelam Matahari + [ (Wkt Terbit Fajar – Wkt Tenggelam Matahari) / 2 ]

Misalnya, jika waktu tenggelamnya matahari adalah pukul 18.00 dan waktu terbit fajar esok hari adalah pukul 05.00, maka jarak waktu antara keduanya setelah kita hitung adalah 11 jam. Waktu 11 jam ini kita bagi menjadi dua, maka hasilnya adalah 5 jam 30 menit. Kemudian hasil pembagian tersebut kita tambahkan kepada waktu matahari tenggelam, maka 18.00 + 5.30 = 23.30, maka jadilah waktu pertengahan malam adalah 23.30.

Sedangkan untuk pertigaan malam kamu bisa memakai rumus ini dengan perhitungan yang sama .

Waktu Permulaan Sepertiga Malam Akhir :

Waktu terbit fajar – (perbedaan waktu antara waktu matahari tenggelam dengan waktu fajar terbit / 3)

Contohnya : pukul 05.00 – (11 jam / 3) = 05.00 – 3 jam 40 menit = pukul 01.20.

Didapatkan bahwa pukul 01.20 adalah permulaan sepertiga akhir. Sehingga dari pukul 01.20 sampai menjelang shubuh itu adalah waktu terbaik untuk melaksanakan sholat tahajud dan berdoa (sepertiga malam akhir).

Nah, jika seperti kamu udah yakin kan dengan waktu sepertiga malam itu, dan kamu dapat melaksanakan sholat tahajud kamu dengan khusu’ dan tenang.
loading...
Top
loading...