Penyebab dan Pengobatan yang Cocok Untuk Setiap Bekas Jerawat

Komentar
Jerawat memang mengganggu dan mengurangi kepercayaan diri kita, namun bekas jerawat lebih menjengkelkan lagi. Bekas jerawat selain tampak berlubang, juga bertahan berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.



BACA JUGA: Bukan Editan, Tapi Pria Ini Benar-benar Berdiri Diatas Danau. Kok Bisa?

Dikutip dari liputan6, ada 3 macam bekas luka jerawat. Selain berbeda jenisnya, pengobatan untuk menhilangkannya juga berbeda-beda ini dia.

1. Bekas hipertrofik



Bekas jerawat jenis ini bentuknya tebal dan berbentuk benjolan. Biasanya tumbuh di dada dan punggung. Kamu yang mengalaminya bisa melakukan pengobatan sesuai anjuran dokter. Suntikan cortisone biasanya bisa meratakan benjolan.


2. Bekas luka atrofi


Bekas jerawat ini sebagai akibat dari kolagen yang rusak. Ada tiga jenis yakni ice pick berupa lubang-lubang kecil; boxcar yang terlihat seperti kawah; dan rolling, berupa lekukan kecil yang membuat pola bergelombang. Tipe bekas luka atrofi ini lebih sering ditemukan pada wajah.

Pengobatan Laser bisa kamu pilih karena membantu membangun kembali kolagen dan yang paling efektif, tetapi harganya lumayan. Sementara subcision, yang melibatkan penggunaan jarum untuk memecah jaringan parut, biaya sekitar $ 500 per pengobatan tetapi agak kurang efektif. Dan jaringan parut ringan dapat diobati dengan resep retinoid seperti Retin-A.


3. Noda hitam




Tubuh kamu berusaha menyembuhkan noda dengan cara kelebihan melanin (protein yang memberi warna pada kulit), menyebabkan hiperpigmentasi, atau merah muda atau bintik-bintik coklat. Bekas jerawat jenis ini lebih sering ditemukan pada wajah.

Pengobatan yang bisa dipilih yaitu dengan produk hydroquinone dan alpha hydroxy acids. Ini dapat mempercepat proses pemudaran.

Nah.. bagi yang kesusahan untuk mendapat perawatan apa yang cocok, sangat dianjurkan pergi ke dokter. Namun siapkan dulu ya dananya untuk menjalani pengobatan.
Top