Penggebrak Sejarah, Muslimah Berjilbab Lebar di Zaman Perjuangan yang Tertangkap Kamera!


Sebagai salah satu kewajiban bagi muslimah yang ingin menggapai ridha Allah, ada baiknya untuk mengenakan jilbab dan menutup aurat hingga batas yang ditentukan. Di Indonesia sendiri yang mayoritas beragama Islam, berjilbab memang sudah menjadi ciri seorang wanita muslim. Sekedar pengetahuan, ternyata muslimah Indonesia ternyata juga sudah menggunakan jilbab jauh sejak masa kerajaan masih berdiri kokoh di nusantara.

Baca juga : Ketika Seorang Guru Memaksa Siswanya untuk Melukis Wajah Nabi Muhammad, Inilah yang Terjadi!

Misalnya dari kota Serambi Mekah atau Aceh, seorang Ratu kerajaan Aceh, Sri Sultanah Ratu Safiatuddin Ta’jul Alam Shah Johan juga telah menggunakan jilbab. Ini bukti bahwa berjilbab sudah menjadi ciri khas wanita muslim Indonesia sejak masa kerajaan. Sedangkan, di luar masa kerajaan, ada juga Nyai Achmad Dahlan pendiri Nasyiatul Aisyiah Muhammadiyah dan pejuang perempuan berdarah minang yang turut serta dalam proses lahirnya lembaga TNI di Indonesia, Rahmah El Yunusiyyah Mujahidah.

Akan tetapi, di era perjuangan, meskipun banyak yang mengenakan jilbab, sayangnya hanya sebatas kain atau selendang yang disampirkan di kepala. Mereka yang saat itu juga sudah terkena dampak dari pengaruh bangsa barat, menyimpulkan bahwa menggunakan jilbab dengan gaya seperti itu sudah menjadi kebiasaan.

Tapi tunggu dulu, di era presiden pertama Indonesia Ir.Soekarno ada perempuan yang mengenakan jilbab lebar yang duduk di parlemen. Benarkah? Ya, Jika sedang mengunjungi museum yang ada di Bali, pengunjung akan menemui sebuah bingkai foto. Dalam foto tampak beberapa orang parlemen, di sana ada Bung Karno dan tampak juga seorang muslimah yang berjilbab lebar.


Baca juga : Renungkan! Jadikan Orang Tuamu Raja, Maka Rezekimu Juga Akan Seperti Raja

Banyak netizen yang berspekulasi bahwa wanita tersebut merupakan wanita melayu yang mengenakan kain songket, dan berjilbab dengan gaya yang sama dengan mode saat ini. Foto tersebut tepatnya ada di Museum Bung Karno. Perpustakaan dan museum Presiden Pertama Indonesia, Soekarno yang berdiri di Denpasar, Bali, menyimpan jutaan koleksi Bung Karno, mulai dari tulisan, pidato, hingga tempat tidur sang Proklamator.

Selain itu, museum juga mengoleksi benda pusaka yang mewarnai jalan hidup Bung Karno sejak masih kecil hingga menjadi presiden. Mulai dari kursi, radio, dan tempat tidur yang pernah dibeli dan dipakai di kediamannya. Ada juga koleksi lukisan dan ratusan foto sejarah terkait hidup Bung Karno. Termasuk foto yang menyimpan ‘misteri’ tentang siapakah perempuan berjilbab lebar itu?
Top